nusabali

Jernihkan Air dan Hilangkan Bau, Tukad Bindu Diberi Eco Enzyme

  • www.nusabali.com-jernihkan-air-dan-hilangkan-bau-tukad-bindu-diberi-eco-enzyme

DENPASAR, NusaBali
Yayasan Tukad Bindu di Kelurahan Kesiman, Denpasar Timur menuangkan cairan eco enzyme ke sungai tersebut, Selasa (2/3).

Penuangan eco enzyme dilakukan sebagai upaya penjernihan air dan menghilangkan bau pada air sungai yang mengalir. Sebab, Tukad Bindu sering dijadikan tempat bermain dan berenang oleh anak-anak Denpasar.

Perintis Penataan dan Pengawasan Yayasan Tukad Bindu I Gusti Ari Rai Temaja, mengatakan beragam upaya terus dioptimalkan dalam mendukung terciptanya sungai bersih. Kali ini, selain mendukung kebersihan lingkungan sungai dan aliran sungai, turut dilaksanakan penuangan cairan eco enzyme di aliran Tukad Bindu.

Pria yang akrab disapa Gung Nik ini menjelaskan bahwa kegiatan tersebut merupakan kerjasama antara Yayasan Tukad Bindu dan Yayasan Bali Tresna Sujati yang bergerak di bidang lingkungan. Selain itu, penuangan eco enzyme juga merupakan rangkaian HUT ke-233 Kota Denpasar.

“Cairan eco enzyme mulai digunakan sebagai cara untuk membersihkan sungai di Indonesia dari limbah rumah tangga hingga industri. Eco enzyme dipercaya mampu mengurai limbah yang berdampak buruk bagi kelestarian ekosistem di sungai,” ujar Gung Nik

Gung Nik menambahkan bahwa penuangan eco enzyme ini akan dilaksanakan secara rutin dan bertahap. Sehingga diharapkan ke depannya sungai di Kota Denpasar dapat tetap bersih dan bebas dari pencemaran. Pada aksi ini, sedikitnya 200 liter cairan eco enzyme dituangkan di kawasan Tukad Bindu.

“Selain menjaga kebersihan sungai, dengan penuangan cairan eco enzyme secara rutin diharapkan mampu menjaga kebersihan sungai dan menghindari sungai dari pencemaran limbah. Mari kita bersama-sama menjaga kelestarian sungai untuk anak cucu kita,” kata Gung Nik. *mis

Komentar