nusabali

Penyelam OBA Fokus Ketahanan Fisik

  • www.nusabali.com-penyelam-oba-fokus-ketahanan-fisik

DENPASAR, NusaBali
Atlet selam nomor laut OBA (Orientasi Bawah Air), yakni Mohammad Alfian, Dwi Marista Kartika Sari, dan Mohammad Ismail fokus latihan ketahanan fisik.

Sebab pelatih berharap ketiganya tidak kehabisan tenaga sebelum menyentuh finis. Jadi, fisik benar-benar digenjot penuh dalam persiapan ke PON XX/2021 di Papua,2-15 Oktober nanti.

"Latihan atlet kami hanya libur setiap hari Minggu. Bahkan pada saat hari Minggu itu kami wajibkan masih menjalani latihan mandiri dirumah. Harapannya fisik tetap terjaga dengan baik," ucap pelatih atlet selam kategori OBA, Bunarian, Selasa (2/3).

Kini ketiga atket itu rutin latihan di Yon Taifib 2 Marinir Surabaya, Jatim, yakni di seputaran Marinir Sport Center. Mereka juga diselingi latihan di Kolam Renang Usman Harun. Agendanya, mulai hari Senin hingga Sabtu rutin menjalani latihan maksimal.

"Dengan latihan rutin ini sangat membantu fisik atlet selalu prima. Harapan saya jangan sampai nanti malah kendor saat bertanding. Kami tidak ingin sebelum finis malah sudah kedodoran. Makanya, sekarang digenjot total," tandas Bunarian.

Pria yang juga anggota TNI AL itu menambahkan, dengan latihan yang intensif, fisik atletnya selalu dalam keadaan bagus. Sehingga catatan waktunya akan ada peningkatan dibandingkan saat Pra PON.  Selain jalan dan lari rutin, kata Bunarian, atlet juga beraktivitas lain yang menunjang fisiknya terus ada peningkatan.

"Kuncinya adalah disiplin latihan. Dan atlet mengikuti semua instruksi yang kami jalankan. Fisik dalam kondisi prima," tegas Bunarian.

Sementara itu Ketua Umum Pengprov POSSI Bali Bagus Partha Wijaya mengakui bahwa fisik jadi kunci utama dalam mewujudkan prestasi. Tanpa didukung fisik yang top performance, dinilai akan lebih sulit mewujudkan medali. Dan jika fisik sudah mendukung, serta teknik juga bagus, medali itu akan sangat mendekati. Tentu dengan pola latihan yang sangat disiplin, meskipun ini cabor terukur, atlet selama OBA ada keyakinan mampu mewujudkan medali. Apalagi dari catatan Pra PON, Bali juga masuk empat besar perolehan medali.

"Sekarang bagaimana mampu memanfaatkan waktu tujuh bulan ke depan. Jika itu dikelola dengan baik, khusus dari atlet selama OBA pasti ada sumbangan medali nantinya. Sekarang ini tergantung kesiapan atlet selama proses latihan dalam situasi Covid-19 tetap dimaksimalkan. Jika waktu sekarang dimaksimalkan betul, kami yakin dapat menyumbangkan medali untuk Bali," kata Bagus Partha Wijaya. *dek

Komentar