nusabali

Kebangkitan Krusial Liverpool

Klopp Rayakan 20 Tahun Karir Kepelatihan

  • www.nusabali.com-kebangkitan-krusial-liverpool

Sheffield United berjuang untuk bertahan, karena berpikir ada kesempatan untuk bertahan. Kemenangan tersebut sangat krusial bagi kebangkitan The Reds untuk kembali bersaing di empat besar.

SHEFFIELD, NusaBali
Manajer Liverpool Juergen Klopp senang melihat timnya meraih kemenangan lagi. Sebab bagi Klopp, itu kemenangan  sangat krusial. Yakni, membuka harapan The Reds kembali bersaing di papan atas.

Ya, Liverpool mengalahkan tuan rumah Sheffield United 2-0, dalam lanjutan Liga Primer Inggris, di Bramall Lane, Senin (1/3) dinihari Wita.

Liverpool unggul 60,7 persen penguasaan bola, dengan 16 tembakan dan delapan on target. Mesti dominan, mereka baru mencetak gol di paruh kedua. Curtis Jones dan gol bunuh diri Kean Bryan jadi penentu kemenangan Si Merah

Sulitnya menyarangkan bola itu membuat Liverpool disebut Georginio Wijnaldum beruntung bisa menang. Menurutnya, Sheffield berjuang untuk bertahan, karena berpikir ada kesempatan untuk bertahan. Laga seperti itu diakui Wijnaldum cukup berat bagi timnya.

“Kami membutuhkan keberuntungan untuk memenangi laga seperti. Kami menunggu sepekan penuh dan kami mengubah itu," kata pemain Belanda itu.

Kemenangan atas The Blades mengakhiri empat kekalahan beruntun Liverpool. Sebelumnya mereka takluk dari Brighton & Hove Albion 0-1, Manchester City 1-4, Leicester City 1-3 dan Everton 0-2. Klopp pun menyebutkan, kemenangan tersebut sangat krusial bagi kebangkitan timnya untuk kembali bersaing di empat besar.

Liverpool saat ini menempati peringkat ke-6 dengan 43 poin. Mereka terpaut satu angka dari Chelsea di peringkat kelima dan dua angka dari West Ham United di urutan keempat.

Selanjutnya. Liverpool akan menjamu Chelsea di Anfield, Jumat (5/3) dinihari Wita. Jika menang, Liverpool berpeluang kembali ke empat besar. Klopp ingin menunjukkan Liverpool masih meramaikan persaingan di papan atas dikutip, setelah banyak diragukan.

"Lawan Chelsea, kami harus membuktikannya lagi. Dengan semua masalah yang kami hadapi, kami masih di posisi yang menggembirakan. Kami bertekad memperjuangkannya, itulah yang akan kami lakukan," kata Klopp.

Sementara kemenangan atas Sheffield, menandai karier kepelatihan Klopp dalam dua dekade dengan manis. Pelatih asal Jerman itu menjalani debut melatih di Mainz 05 pada 27 Februari 2001. Laga debut itu berakhir dengan kemenangan 1-0 atas Duisburg.

Selanjutnya Klopp pindah ke Borussia Dortmund dan meraih prestasi tinggi. Bersama Dortmund,  Klopp menggoyahkan dominasi Bayern Muenchen di Liga Jerman. Dia membawa Dortmund dua kali juara Bundesliga 1 pada musim 2010/2011 dan 2011/2012.

Selain itu, Klopp juga menyumbangkan tiga trofi lainnya dengan memenangi Piala Jerman dan dua kali menjuarai Piala Super Jerman.

Kegemilangan bersama Dortmund itu membuat Klopp direkrut Liverpool, pada 8 Oktober 2015. Kini telah 303 laga dijalani Klopp bersama The Reds, dia meraih 179 kemenangan, 70 hasil imbang, dan 54 kali kalah. Gelar juara Liga Champions dimenangi Klopp dengan Liverpool pada musim 2018/2019, semusim sesudahnya memenangi Liga Primer Inggris. *

Komentar