nusabali

Kalahkan Southampton, Everton Dekati Empat Besar

  • www.nusabali.com-kalahkan-southampton-everton-dekati-empat-besar

Everton memiliki target bisa masuk empat besar untuk memulai petualangan di kancah Eropa. Meski saat ini masih di posisi ketujuh klasemen, namun kans terbuka lebar melihat selisih poin yang hanya berjarak dua poin dari peringkat empat saat ini.

LIVERPOOL, NusaBali.com
Everton akhirnya merasakan lagi kemenangan di kandang sendiri saat mengatasi Southampton 1-0 dalam laga pekan ke-26 Liga Inggris, Senin (1/3/2021) waktu setempat (Selasa Wita).

Sayangnya kemenangan pertama Everton dalam enam laga terakhir di Goodison Park itu belum cukup untuk mengangkat posisi The Toffees dari urutan ketujuh klasemen. Namun, dengan raihan 43 poin, mereka kini hanya berjarak dua poin dari tim peringkat keempat West Ham United. "Kami punya kesempatan besar untuk mencapai empat besar dan kami ingin berada di sana," kata pelatih Carlo Ancelotti.

Everton selanjutnya akan melawat ke The Hawthorns menghadapi tim promosi West Bromwich Albion pada Kamis (4/3/2021) waktu setempat (Jumat Wita). Jika menang, Everton dipastikan akan mengambil alih peringkat keempat sebab West Ham baru main di akhir pekan.

Kendati demikian, jika menang sekalipun, Everton mungkin hanya bertahan beberapa jam di empat besar sebab Liverpool akan menghadapi Chelsea selepas laga di The Hawthorns rampung. "Kami harus mengerahkan segenap kemampuan pada pertandingan Kamis untuk mencapai empat besar, sebab itu kemungkinan yang terbuka lebar," kata Ancelotti. "Tak penting berapa lama kami berada di sana, sebab saya hanya ingin merasakan berada di sana lagi," ujarnya menambahkan.

Bekal kemenangan Derbi Merseyside sepekan silam menjadi suntikan kepercayaan diri yang besar bagi Everton untuk menekan Southampton sejak awal laga. Baru sembilan menit pertandingan berlangsung barisan pertahanan Southampton gagal mengantisipasi umpan jauh, yang bisa diteruskan oleh Gylfi Sigurdsson jadi umpan terobosan untuk diselesaikan Richarlison dengan sepakan keras ke pojok kanan bawah gawang demi membuka keunggulan Everton.

Lantas pada menit ke-26, Michael Keane merasa sudah berhasil menggandakan keunggulan Everton ketika ia menyelesaikan umpan Mason Holgate, tetapi gol itu dianulir oleh wasit Martin Atkinson setelah berkonsultasi dengan VAR atas dugaan offside.

Pada pertandingan selanjutnya, Everton akan melawat ke markas West Bromwich Albion pada Kamis (4/3) sebelum Southampton menyambangi Bramall Lane menghadapi Sheffield United dua hari berselang. Ancelotti sendiri merasa musim masih cukup panjang untuk memperebutkan empar besar klasemen, tetapi itu tidak mengubah targetnya membawa Everton tampil di kompetisi Eropa musim depan.

"Akan ada pertarungan sengit memperebutkan empat besar sampai akhir musim dan saya rasa kami harus puas berkesempatan untuk terlibat di dalamnya," ujar Ancelotti. "Tapi itu semua tidak mengubah target kami, yakni berada di Eropa musim depan. Untuk itu kami harus memperbaiki performa di kandang, kemenangan kali ini bisa membantu hal tersebut. Mimpi kami berada di empat besar, dan kami sudah dekat, tetapi musim masih panjang," pungkasnya.*ant
 

Komentar