nusabali

Penyelam OBA Potensi Raih Emas

  • www.nusabali.com-penyelam-oba-potensi-raih-emas

Bukan bermaksud mendahului kehendak Maha Kuasa, pada PON nanti tiga atlet selam kategori OBA akan memberikan prestasi bagi Bali.

DENPASAR, NusaBali

Tiga atlet selam nomor laut OBA (Orientasi Bawah Air), yakni Mohammad Alfian, Dwi Marista Kartika Sari, dan Mohammad Ismail berpotensi sekali meraih medali emas pada PON XX/2021, di Papua 2-15 Oktober. Optimisme itu dibangun karena catatan waktu ketiga penyelam terus meningkat.

Meskipun tidak signifikan, peningkatan catatan waktu itu cukup menggembirakan dibandingkan catatan waktu saat PraPON. Padahal, latihan mereka juga sempat terbentur pandemi Covid-19. Kini ketiganya berlatih secara rutin di Batalyon Taifib 2 Marinir Surabaya, Jawa Timur.

"Bukan bermaksud mendahului kehendak Maha Kuasa, pada PON nanti tiga atlet kategori OBA akan memberikan prestasi bagi Bali," kata pelatihnya Bunarian, saat dikonfirmasi Senin (1/3).

Menurut Bunarian yang juga anggota TNI AL itu, saat ada Covid-19 latihan sempat berkurang. Hal itu untuk menjaga kesehatan para atlet. Namun dalam perkembangannya latihan tetap dilakukan dengan protokol kesehatan ketat.

"Saat ini kami latihan penuh, hanya libur sekali, yakni setiap hari Minggu. Selebihnya memaksimalkan latihan," kata Bunarian.

Selain latihan di perairan terbuka, juga diselingi latihan di kolam biasa di Kolam Renang Usman Harun. Termasuk juga latihan di Marinir Sports Center. Bahkan saat latihan libur hari Minggu, atletnya tetap diminta menjalani latihan mandiri di rumahnya masing-masing.

"Dengan latihan intensif, kami dari selam di nomor OBA siap bersaing di PON Papua nanti," kata Bunarian.

Semangat itu, kata Bunarian, tetap ditunjukkan atletnya. Moril anak - anak tetap tinggi dan bersemangat, meski belum mendapat uang saku bulanan. Harapannya, semoga uang bulanan atau dana tali kasih nanti menambah moral atlet lebih semangat lagi untuk merealisasikan medali emas.

Sementara Ketua Umum Pengprov POSSI Bali Bagus Partha Wijaya mengatakan, latihan tetap dilakukan penuh disiplin. Hal itu terbukti adanya peningkatan catatan waktu di kategori kolam.

"Atlet selam nomor laut semuanya turun di kategori perorangan M. Course, dan 5 Point Course," kata Bagus Partha, yang juga Wakil Ketua Pengadilan Militer Manado itu.

Sselain dari nomor laut, kata Bagus Partha, POSSI Bali juga meloloskan atlet dari kategori kolam, yakni Putu Widi Ananda Putri, Ni Luh Made Citra Dewi, Revallina Nesya Reginata, Luh Kade Dewi Rahayu, Gede Kenas Alvaro Mahima, I Made Legawa Stanel Brahmarsa, I Putu Sheva Marta Dewa, dan Sugiharto Sugono.

"Secara keseluruh Bali meloloskan 11 atlet. Tiga dari kategori laut, dan delapan atlet dari kategori kolam," kata mahasiswa S3 Hukum, Unud itu. *dek

Komentar