nusabali

Personel Polda Bali Mulai Divaksin, Diawali Bhabinkamtibmas

  • www.nusabali.com-personel-polda-bali-mulai-divaksin-diawali-bhabinkamtibmas

DENPASAR, NusaBali
Program vaksinasi Covid-19 yang dicanangkan pemerintah kini menyentuh personel kepolisian di Polda Bali.

Pada tahap pertama Polda Bali mendapat jatah 5.000 dosis vaksin. Kegiatan vaksinasi tahap pertama mulai digelar, Senin (1/3) pukul 09.00 Wita. Vaksinasi tahap pertama ini menyasar personil Bhabinkamtibmas. Mereka yang mendapatkan suntikan vaksin kemarin adalah personel Bhabinkamtibmas dari Kota Denpasar, Kabupaten Gianyar dan Badung.

Sebanyak 206 personel Polda Bali yang divaksin kemarin terdiri dari Bhabinkamtibmas dan pejabat utama di lingkungan Polda Bali. Kegiatan vaksinasi yang dipantau langsung oleh Kapolda Bali, Irjen Pol Drs Putu Jayan Danu Putra ini digelar di dua tempat. Sebanyak 100 orang divaksin di Aula Gedung Perkasa Raga Garwita (PRG) Polda Bali dan 106 orang lainnya divaksin di RS Trijata Bhayangkara Polda Bali.

Vaksinasi tahap pertama difokuskan kepada 1.726 personel Bhabinkamtibmas dan pejabat utama di lingkungan Polda Bali. Artinya dari 5.000 dosis vaksin yang diterima tahap pertama ini dapat memenuhi vaksinasi terhadap semua personel Bhabinkamtibmas sebanyak dua kali dosis vaksin.

Kapolda Bali, Irjen Pol Drs Putu Jayan Danu Putra mengatakan program vaksinasi ini akan dilakukan secara bertahap. Setelah menyasar personel Bhabinkamtibmas dan pejabat utama, selanjutnya akan menyasar pelayan publik lainnya seperti di SPKT, pelayan SIM, petugas patroli dan staf. Hingga nanti semua personel Polda Bali berjumlah 13.306 orang mendapatkan vaksin.

"Yang menjadi konsen pertama dalam vaksinasi ini adalah petugas pelayanan publik. Salah satunya adalah anggota Polri. Kemarin kami menerima 5.000 dosis. Kalau dilakukan untuk dua kali penyuntikan maka tahap pertama ini ada 2.500 personel Polda Bali yang divaksin untuk dua kali penyuntikan," ungkap Kapolda Irjen Putu Jayan dikonfirmasi di sela kegiatan vaksinasi di Mapolda Bali, Jalan WR Supratman Nomor 7 Denpasar, kemarin pagi.

Jenderal bintang dua kelahiran Jakarta ini berharap proses vaksinasi ini bisa selesai dengan cepat. Tujuannya agar laju penyebaran Covid-19 di Bali segera bisa ditekan secara signifikan. Namun demikian ungkap Kapolda, semua sesuai dengan kondisi vaksin. Ditargetkan setiap hari 200 orang personel divaksin.

Untuk mempercepat proses vaksinasi nantinya akan diadakan di tiap Polres. Tujuannya untuk menghindari kerumunan dan juga mempercepat proses vaksinasi. "Vaksinasi ini akan terus dievaluasi. Kalau bisa lebih cepat maka akan lebih cepat. Semua tergantung kondisi. Kalau vaksinnya ada maka akan diupayakan lebih cepat dilakukan vaksinasi," terang Kapolda.

Diharapkan dengan kerjasama dan koordinasi yang baik wilayah Pulau Bali ini bisa mengatasi pandemi Covid-19. Dengan vaksinasi ini tingkat penurunan angka Covid-19 bisa secara signifikan. Vaksinasi personel Polda Bali akan terus dievaluasi agar prosesnya cepat.

Vaksinasi ini kata Kapolda juga sudah menyasar para pelaku pariwisata. Diharapkan program vaksinasi ini bisa efektif dan bisa menurunkan secara signifikan angka penyebaran Covid-19. "Saya tekankan kepada para personel bahwa walaupun sudah divaksin harus tetap mematuhi Protokol Kesehatan (Prokes). Tetap melaksanakan tugas khususnya dalam rangka pelaksanaan PPKM skala mikro saat ini," tegasnya.

Polda Bali sendiri mengagendakan vaksinasi tahap pertama ini digelar selama 12 hari dalam waktu tiga minggu. Hari ini, Selasa (2/3) jadwal vaksinasi menyasar 222 personel. Terdiri dari Bhabinkamtibmas Tabanan, Klungkung, dan Spripim Polda Bali.

Selanjutnya, Rabu (3/3) vaksinasi untuk 204 personel Bhabinkamtibmas dari Buleleng dan Jembrana. Kamis (4/3) jadwal vaksinasi 201 personel terdiri dari Bhabinkamtibmas Karangasem dan Bangli. Juga personel Roops dan Bidkeu. Selanjutnya, Jumat (5/3) vaksinasi terhadap 191 personel. Terdiri dari Itwasda, Rorena, Rolog, RO SDM, Bidpropam, Bidhumas, Bidkum, dan Bid Tik. Sabtu (6/3) giliran 206 personel yang divaksin. Terdiri dari Serum, Yanma, SPKT, dan Ditintelkam. Selanjutnya, Senin (8/3) giliran 209 personil Ditreskrimum dan Ditreskrimsus yang divaksin.

Selasa (9/3) giliran 196 personel Ditnarkoba, Ditbinmas, dan Ditpolair yang divaksin. Selanjutnya, Rabu (10/3) giliran 202 peronel dari Ditlantas dan Ditpamobvit yang divaksin. Jumat (12/3) disusul oleh 208 personel dari Ditsamapta dan Bidlabfor. Lalu pada, Selasa (16/3) giliran 200 personel dari Dittahti, SPN, dan Satbrimob. Terakhir, Rabu (17/3) giliran 277 personel Brimob yang divaksinasi. *pol

Komentar