nusabali

Pemuda Banda Pungut Sampah Plastik

  • www.nusabali.com-pemuda-banda-pungut-sampah-plastik

GIANYAR, NusaBali
Selama pandemi Covid-19, pemuda Banjar Banda, Desa Saba, Kecamatan Blahbatuh, Gianyar, rutin melakukan bersih-bersih sampah plastik di wwidangan Desa Adat Banda. Aksi pungut sampah ini sudah kesepuluh kalinya.

Ketua Pemuda STT Dwi Eka Mandala Ketut Yogi Sanswadi, Minggu (28/2), mengatakan selama kegiatan ini, pihaknya bersinergi dengan sejumlah komunitas yakni komunitas peduli lingkungan Toltol dan Megaloman. "Sudah ratusan kilo sampah plastik kami bisa angkut," ungkapnya.

Tak dipungkiri, kata dia, pada awal aksi ini cukup susah menyadarkan masyarakat terkait penggunaan plastik sekali pakai. Kendati demikian sampah plastik masih ada terutama sampah dari sisa makanan ringan. Bersama komunitas tersebut, para pemuda juga mengadakan penukaran sampah plastik dengan beras. "Masyarakat sangat antusias menukarkan sampah plastik dengan beras," ungkapnya.

Kata Yogi jika pemungutan sampah plastik dijalankan secara konsisten, maka yakin Bali, Gianyar, dan khususnya dari desa, akan sangat mudah sekali membersihkan wawidangan dari sampah plastik. "Hanya saja kesulitan kami dalam hal menjaga kesadaran masyarakat agar mau mengelola sampah dengan baik," ujarnya.

Perbekel Desa Saba Ketut Redhana menyempatkan diri hadir dalam kegiatan pungut sampah plastic itu. Dia sangat mengapresiasi apa yang dilakukan oleh generasi muda di Banjar Banda. Dia berharap pemuda di 8 banjar lainnya bisa mencontoh komitmen pemuda Banjar Banda. "Meski tidak banyak yang hadir, namun yang dikerjakan efektif dan konsisten. Ini perlu dicontoh," ujarnya. *nvi

Komentar