nusabali

Sehari Pasca Dilantik, Bupati Tamba Gelar Persembahyangan dan Tinjau Banjir

  • www.nusabali.com-sehari-pasca-dilantik-bupati-tamba-gelar-persembahyangan-dan-tinjau-banjir

NEGARA, NusaBali
Sehari setelah resmi dilantik, Bupati dan Wakil Bupati Jembrana, I Nengah Tamba dan I Gede Ngurah Patriana Krisna, langsung melaksanakan sejumlah agenda kerja.

Mengawali kerja pertamanya, Bupati Tamba dan Wabup Patriana melaksanakan persembahyangan di Pura Ulun Pecangakan  serta Pura Jagatnatha Jembrana, Sabtu (27/2) pagi. Persembahyangan ini, dimaksudkan sebagai wujud syukur atas berjalan lancarnya pelantikan di Denpasar, Jumat (26/2). Selain itu, melalui persembahyangan bersama ini sekaligus memohon keselamatan secara niskala serta keteduhan jagat. Khususnya dalam menjalankan visi-misi selama diberikan amanah memimpin Kabupaten Jembrana.

Di sela-sela kegiatan persembahyangan tersebut, Bupati Tamba memberikan bantuan paket sembako kepada sejumlah pamangku setempat. Di Pura Ulun Pecangakan diserahkan 4 paket sembako, dan di Pura Jagatnatha diserahkan sebanyak 21 paket sembako. Selain bantuan sembako, juga diserahkan bantuan CSR berupa tempat sampah yang diterima pangempon Pura Jagatnatha Jembrana.

Usai persembahyangan, Bupati Tamba bersama Wabup Patriana, didampingi Pj Sekda Jembrana, I Nengah Ledang dan sejumlah Kepala OPD Pemkab Jembrana, langsung menuju Desa Pengambengan, Kecamatan Negara. Kedatangannya ke Pengambengan ini, meninjau kondisi pasca banjir di Banjar Munduk, Desa Pengambengan. Dari pemantauan di lokasi, air yang sempat menggenangi puluhan rumah warga setempat, sudah jauh berkurang. Hanya tersisa genangan air setinggi pergelangan kaki dari sebelumnya sempat hampir mencapai setinggi lutut orang dewasa. Di lokasi itu, Bupati Tamba memberikan bantuan kepada warga yang terdampak banjir.

Bupati Tamba mengatakan, kedatangannya ke Desa Pengambengan untuk mencari solusi dan melihat secara langsung situasi dan keadaan masyarakat terdampak banjir. Sebelumnya, dirinya sudah mengetahui persis kalau di Desa Pengambengan, khususnya di Banjar Munduk sering terjadi banjir setiap musim hujan. “Hari ini tepat sehari kami dilantik, langsung turun ke lapangan untuk melihat secara langsung. Kita akan bekerja cepat, berkoordinasi dengan OPD terkait untuk segera dicarikan solusi, dan itu akan difokuskan di penganggaran perubahan. Bantuan sembako juga turut diberikan. Astungkara bisa membantu untuk meringankan beban masyarakat," ucapnya.

Selain itu, Bupati Tamba mengatakan, dirinya ingin membangun Desa Pengambengan menjadi lebih baik dari sebelumnya. Kepada masyarakat yang terkena musibah banjir agar tetap bersabar. "Saya harap masyarakat harus bersabar dulu. Mudah-mudahan kedepannya, dengan anggaran yang mencukupi, kita akan selesaikan masalah banjir di Desa Pengambengan," ujar Bupati asal Desa Kaliakah, Kecamatan Negara ini.

Kepada masyarakat, Bupati Tamba mengimbau untuk lebih peduli terhadap masalah kebersihan lingkungan. Salah satunya sampah. "Seperti kita ketahui, salah satu penyebab banjir adalah tersumbatnya saluran air akibat lingkungan yang tidak bersih karena sampah. Untuk itu, saya mohon kepada masyarakat lebih peduli untuk tidak membuang sampah sembarangan," pungkasnya.  *ode

Komentar