nusabali

Hujan Deras, Pohon Tumbang Timpa Pelinggih Pura Prajapati

  • www.nusabali.com-hujan-deras-pohon-tumbang-timpa-pelinggih-pura-prajapati

TABANAN, NusaBali
Hujan deras disertai angin kencang mengguyur Tabanan sebabkan pohon tumbang menimpa 2 pelinggih dan penyengker Pura Prajapati di Banjar Pemanis, Desa Biaung, Kecamatan Penebel, Tabanan pada, Sabtu (27/2) sore.

Pohon yang tumbang tersebut jenis bunut berdiameter sekitar 60 centimeter. Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Tabanan, I Putu Trisna Widiatmika menjelaskan, sesuai laporan warga di lokasi, pohon tumbang diperkirakan pukul 16.00 Wita. Saat itu kawasan Tabanan memang sedang diguyur hujan deras. "Pohon yang tumbang ini jenis bunut," ujarnya.

Kata dia, pohon tumbang tersebut menimpa 2 pelinggih dan penyengker Pura Prajapati. pelinggih yang ditimpa adalah Pelinggih Piasan berukuran 2,5 meter x 3 meter dan Pelinggih Khayangan Prajapati. Pohon tumbang juga menimpa penyengker Prajapati sepanjang 3 meter. "Hasil dari pengecekan ke lapangan, kerugian sekitar Rp 50 juta," imbuhnya.

Dia menjelaskan karena pohon tumbang berdampak besar disamping hari sudah sore, evakuasi akan dilakukan, Minggu (28/2) pagi dengan melibatkan personel TRC dan masyarakat. Pohon akan dievakuasi menggunakan mesin chainsaw dan alat manual. "Kita lakukan evakuasi besok (hari ini) agar penanganan bisa selesai sekalian," katanya.

Untuk sementara menurut Trisna laporan bencana yang baru diterima BPBD Tabanan baru satu kejadian. Dia pun meminta kepada seluruh masyarakat di tengah kondisi cuaca hujan mohon waspada. "Kita terima baru satu laporan bencana," tandasnya. *des

Komentar