nusabali

Laporan Neraca Yayasan Bina Wisata Pakai Aksara Bali

  • www.nusabali.com-laporan-neraca-yayasan-bina-wisata-pakai-aksara-bali

GIANYAR, NusaBali
Yayasan Bina Wisata Kelurahan Ubud, Kabupaten Gianyar menyelenggarakan Kriyaloka 'Basa Bali Nuju Kasukertan Urip', Kamis (25/2).

Kriyaloka menghadirkan Koordinator Penyuluh Bahasa Bali Kabupaten Gianyar Ida Bagus Oka Manobhawa sebagai narasumber. Kriyaloka digelar secara live di akun Instagram. Di acara itu pula, Yayasan Bina Wisara melaunching laporan neraca berbahasa dan aksara Bali.

Ketua Yayasan Bina Wisata Ubud, Tjokorda Gde Bayuputra Sukawati menjelaskan, kriya loka ini mendiskusikan tentang pentingnya keberadaan Bahasa Bali sebagai sebuah media komunikasi. Mengingatkan masyarakat khususnya milenial bahwa Bahasa Bali sebagai bahasa Ibu. Harus dikumandangkan sebagai pendidikan anak usia dini. “Kami juga beri contoh Laporan Neraca berbasa dan aksara Bali,” jelas putra Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Artha Ardana Sukawati ini, Jumat (26/2).

Penyajian laporan posisi keuangan yayasan berbahasa dan aksara Bali ini sebagai salah satu upaya penguatan kebudayaan Bali. "Laporan yang disajikan, dalam bentuk laporan posisi keuangan (neraca) yang merupakan salah satu dari lima komponen laporan keuangan yayasan menurut ISAK Nomor 35 tentang penyajian laporan keuangan Entitas berorientasi non laba,” jelasnya.

Neraca berbahasa dan aksara Bali ini dibuat oleh seluruh pengurus yayasan dibantu partisipan dari Penyuluh Bahasa Bali dan salah satu dosen Prodi Sastra Bali. Tjok Bayuputra berharap neraca ini mampu menjadi inspirasi desa adat dan lembaga keuangan adat lainnya. “Mudah-mudahan dengan adanya neraca berbahasa dan aksara Bali ini mampu menginspirasi lembaga keuangan adat dalam menyusun konsep laporan yang mengkolaborasikan aksara dan basa Bali dengan penyajian laporan keuangan,” ujarnya. *nvi

Komentar