nusabali

Usai Dilantik, Jaya-Wira Gelar Sembahyang di Pura Batukau

  • www.nusabali.com-usai-dilantik-jaya-wira-gelar-sembahyang-di-pura-batukau

TABANAN, NusaBali
Setelah resmi dilantik, Bupati dan Wakil Bupati Tabanan, I Komang Gede Sanjaya-I Made Edi Wirawan (Jaya-Wira) melaksanakan persembahyangan di Pura Luhur Batukau, Desa Wongaya Gede, Kecamatan Penebel, Tabanan bertepatan Purnamaning Kesanga, Sukra Pon Kulantir, Jumat (26/2) pukul 16.00 Wita.

Persembahyangan kemarin diikuti Bupati Sanjaya beserta istri Ny Rai Wahyuni Sanjaya, Wabup Edi Wirawan dan istri Ny Budiartini Edi Wirawan dengan melibatkan jajaran organisasi perangkat daerah (OPD) Pemkab Tabanan.

Sekda Tabanan, I Gede Susila mengatakan pasca pelantikan oleh Gubernur Bali Wayan Koster, Bupati dan Wakil Bupati Tabanan menggelar persembahyangan di Pura Luhur Batukau. Kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai bentuk ucapan syukur karena telah dipercaya masyarakat sebagai pemimpin daerah Tabanan.

"Ini kan sebagai bentuk keseimbangan sekala dan niskala. Pelantikan secara sekala sudah dilaksanakan di kantor gubernur kemudian secara niskala dilaksanakan di Pura Luhur Batukau," ujarnya. Setelah dilantik, kata dia, nanti akan dilaksanakan serah terima jabatan (Sertijab) pada Rapat Paripurna DPRD Tabanan, Senin (1/3).

Sebelum memasuki areal acara nantinya akan dipersiapkan rapid test antigen. Mereka para peserta wajib melaksanakannya karena sudah disediakan oleh Dinas Kesehatan Tabanan. "Persiapannya sudah 100 persen tinggal kita pelaksanaannya saja, Senin nanti. Juga akan ada pidato perdana dari Bupati dan Wabup," kata Gede Susila.

Sementara itu, Kepala Tata Pemerintahan Setda Tabanan, I Wayan Yelada menambahkan persembahyangan di Pura Luhur Batukau melibatkan seluruh pimpinan OPD di Tabanan. Usai pelantikan agendanya hanya persembahyangan tidak ada menggelar resepsi. "Resepsi itu tidak ada, karena sekarang pandemi Covid-19, jadi tidak boleh menimbulkan kerumunan," tegasnya.

Mengenai persiapan serah terima jabatan dari Plh Bupati Tabanan ke Bupati dan Wakil Bupati Tabanan yang digelar 1 Maret 2021 nanti sudah jalan. Pelaksanaannya akan dilaksanakan serangkaian dengan rapat paripurna di DPRD Tabanan. "Prosesnya, akan dilaksanakan serah terima jabatan terlebih dahulu, kemudian baru dilakukan sidang paripurna," tegasnya.

Dia mengungkapkan, pelaksanaan serah terima jabatan dilakukan terbatas dan harus melaksanakan rapid antigen bagi para undangan. Maksimal peserta yang mengikuti dalam ruangan sesuai kapasitas 30 orang. Kemudian untuk peserta lainnya bisa menyaksikan secara live virtual.

"Nanti peserta wajib rapid antigen yang disediakan oleh Dinas Kesehatan. Selain disediakan di lokasi, para undangan juga boleh melaksanakan di luar atau secara mandiri kemudian surat keterangannya ditunjukkan saat hendak masuk ke dalam lokasi acara," tandas Yelada.

Sementara itu usai dilantik, Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya dan Wabup Made Edi Wirawan langsung akan tinggal di rumah jabatan. Bahkan 2 minggu sesudah menempati rumah jabatan Bupati Sanjaya bersama dengan istri berencana hiasi pekarangan rumah jabatan dengan berkebun dan memelihara ikan. Rencana berkebun itu akan dilakukan di belakang rumah jabatan memanfaatkan lahan tidur seluas 3 are.

Pantauan di lokasi wajah rumah jabatan yang berada di timur Kantor Bupati Tabanan Jalan Pahlawan Tabanan ini berbeda dari biasanya. Sejumlah titik bangunan yang ada direnovasi, begitu pula taman sekitarnya tengah ditata. Kondisi ini membuat rumah jabatan tersebut menjadi terang benderang. "Setelah dilantik langsung tinggal di sini," ujar Sanjaya.

Menurutnya rumah jabatan ini adalah fasilitas negara. Semua pejabat mendapat rumah jabatan termasuk Wakil Bupati terpilih I Made Edi Wirawan berencana akan tinggal di rumah jabatan wakil. "Tidak akan jadi rumah singgah, akan tinggal di sini selama menjabat. Makanya semua ditata, taman, dan lampu mulai dihidupkan," katanya.

Dia menambahkan selama tinggal di rumah jabatan, dia bersama istri akan berkebun. Begitu 2 minggu setelah tinggal di rumah jabatan mulai mencangkul. Rencananya Sanjaya akan menerapkan perkebunan urban farming. "Jadi nanti nanamnya macam-macam mulai terong, cabai, dan pisang," tegasnya.

Selain berkebun, Sanjaya juga akan memelihara sejumlah ikan lewat kolam yang sudah ada. Ikan yang dipelihara mulai dari lele, patin dan udang air tawar. "Saya nanti akan manfaatkan kolam fiber yang ada, pokoknya nanti di sini ditata. Sekaligus mengajak masyarakat memanfaatkan lahan tidur di pekarangan untuk memenuhi kebutuhan pangan rumah tangga," kata Sanjaya yang juga Ketua DPC PDIP Tabanan ini.

Hal serupa disampaikan oleh Wakil Bupati Tabanan, I Made Edi Wirawan. Dia sendiri akan menjadikan rumah singgah sebagai tempat tinggal selama menjabat. Namun sebelum pindah ke rumah jabatan terlebih dahulu akan dilakukan upacara. "Saya persiapan dulu, seminggu ini mulai saya tinggal di sana (rumah jabatan). Saya juga akan imbangi untuk tinggal di rumah sendiri," katanya.

Untuk selanjutnya program yang akan dijalankan sudah pasti menerapkan visi-misi Jaya-Wira yang sudah dibuat dan dikampanyekan saat Pilkada 2020 lalu. "Kami Jaya-Wira akan fokus menetapkan visi-misi dalam pembangunan Tabanan," tandas Wabup Edi Wirawan. *des

Komentar