nusabali

132 Personel Amankan Pelantikan Kepala Daerah Terpilih

  • www.nusabali.com-132-personel-amankan-pelantikan-kepala-daerah-terpilih

DENPASAR, NusaBali
Polda Bali kerahkan 132 personel untuk mengamankan pelantikan para kepala daerah terpilih pada Pilkada Serentak 2020 di Gedung Wiswa Sabha Kantor Gubernur, kawasan Niti Mandala, Denpasar, Jumat (26/2).

Selain itu juga 10 personel Unit Jibom dan 4 personel dengan 1 Satwa Pelacak, dan siaga kendaraan taktis (Rantis). Unit Jibom Den Gegana Sat Brimobda Bali dan Unit Satwa (K9) dari Direktorat Sabhara Polda Bali ini untuk melakukan sterilisasi.

Karo Ops Polda Bali Kombes Pol Firman Nainggolan selaku Karendalpam, mengatakan Polda Bali dan perkuatannya dibantu instansi terkait melaksanakan pengamanan terbuka maupun tertutup. Polda Bali juga sudah mengadakan koordinasi dengan Pemprov dan pemda di masing-masing kabupaten dan kota serta aparat keamanan lainnya.

“Karena masih situasi pandemi Covid-19, acara pelantikan akan digelar dengan mematuhi protokol kesehatan. Jumlah orang yang ada di ruangan dibatasi dan sudah melaksanakan tes swab antigen,” ungkap Kombes Firman.

Dikatakannya, walaupun peserta yang hadir sedikit, Polda Bali tetap melaksanakan pengamanan secara maksimal. “Tidak boleh underestimate dan beranggapan bahwa ini hanya pengamanan biasa. Pengamanan akan dilakukan sesuai SOP yang ada,” tegasnya.

Dijelaskannya bahwa pengamanan dibagi menjadi 3 ring. Ring 1 di Gedung Wiswa Sabha, ring 2 di areal dalam Kantor Gubernur, sedangkan ring 3 di areal luar Kantor Gubernur. “Semua orang harus melewati security door dan yang boleh masuk hanya yang membawa ID card,” tutur Kombes Firman.

Kendaraan taktis (rantis) ini berada di ring 1 dengan kekuatan 10 orang pasukan Gegana Satbrimob Polda Bali. Mereka bertugas menyiapkan dan membuat perencanaan darurat terhadap Bupati/Wakil Bupati dan Walikota/Wakil Walikota terpilih lewat jalur darat serta menentukan dan menyiapkan tempat unit escape.

Pasukan ini dibekali dengan senjata laras panjang, rompi anti peluru, helm Kevlar Brimob, HT, dan borgol. Mereka patroli mengawasi situasi di sekitar lokasi. Kewaspadaan yang tinggi selalu melekat pada pasukan ini. Mereka tak segan-segan meminta identitas dan melakukan pemeriksaan jika ada orang yang mencurigakan.

Sementara pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta dan I Ketut Suiasa, mendapat atensi dari Polres Badung. Meski tidak ada hal menonjol yang perlu diantisipasi khusus namun tetap menjadi prioritas pengamanan.

Kapolres Badung AKBP Roby Septiadi menerjunkan puluhan personel untuk memastikan semua berjalan sesuai dengan yang diharapkan. AKBP Roby mengikuti pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Badung melalui video conference di Ruang Pertemuan Gedung Command Center Diskominfo Badung. Kehadiran AKBP Roby di acara itu juga tidak lepas dari upaya pengamanan.

AKBP Roby berharap kepada seluruh masyarakat Badung untuk tidak melakukan euforia berlebihan. Tidak boleh ada pesta-pesta atau kumpul-kumpul. “Saya percaya masyarakat Badung sudah taat prokes. Tapi saya tetap wajib menyampaikan ini. Karena penanganan masalah Covid-19 harus kita lakukan secara bersama-sama,” tandasnya. *pol

Komentar