nusabali

Pasemetonan Dharma Putra Mahottama Ki Anglurah Jelantik Bentuk Koperasi

  • www.nusabali.com-pasemetonan-dharma-putra-mahottama-ki-anglurah-jelantik-bentuk-koperasi

Melalui pembentukan koperasi Dharma Putra Mahottama, diharapkan bisa membantu anggota yang tersebar di Bali dan Lombok, utamanya pelaku UMKM dan pariwisata yang terdampak pandemi Covid-19.

GIANYAR, NusaBali.com
Tak mau berdiam diri menghadapi kesulitan krama Bali di tengah pandemi,  Paiketan Pasemetonan Dharma Putra Mahottama Ki Anglurah Jelantik membentuk sebuah koperasi.

Diharapkan adanya koperasi ini memberi kontribusi bagi anggota yang terdampak, utamanya para anggota paiketan yang bergerak di sektor pariwisata ataupun Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).  “Melihat kondisi perekonomian saat ini, semoga terbentuknya koperasi pasemetonan bisa membantu para anggotanya,” kata Anak Agung Alit Kakarsana, Ketua Pasemetonan Dharma Putra Mahottama Ki Anglurah Jelantik, Kamis (25/2/2021).

Koperasi yang diberi nama Koperasi Pasemetonan Dharma Putra Mahottama dirilis pada Sabtu (13/2/2021) di Pura Ageng Blahbatuh, Kabupaten Gianyar. Kantor koperasi pun sudah tersedia dengan lokasi yang strategis di bagian luar Puri Ageng Blahbatuh. Begitu juga dengan 20 orang pengurus pun sudah bekerja. 

“Sebagaimana visi dan misi koperasi, terbentuknya koperasi ini adalah dari anggota dan untuk anggota. Semoga terbentuknya Koperasi Dharma Putra Mahottama ini bisa menjadi soko guru perekonomian,” kata Anak Agung Alit Kakarsana yang juga panglingsir Puri Ageng Blahbatuh.

Paiketan Pasemetonan Dharma Putra Mahottama Ki Anglurah Jelantik sendiri memiliki anggota sekitar 10.000 kepala keluarga  yang tersebar di Bali dan Nusa Tenggara Barat. Sejumlah anggota potensial pun diminta berperan dengan kemampuan masing-masing untuk membesarkan koperasi.

Di antaranya terlihat I Gede Indra Dewa Putra (Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Provinsi Bali). Lalu ada IGN Wirabudiasa Jelantik yang sehari-hari dikenal sebagai lawyer dan pebisnis  handal.  Juga ada Made Kartika, mantan Ketua DPC Hanura Denpasar yang juga seorang lawyer. Serta masih banyak lagi nama-nama familiar yang dikenal punya kompetensi untuk menggerakkan koperasi tersebut. “Kami menghimpun potensi pasemetonan sehingga sesuai kemampuan bidang masing-masing bisa  mengembangkan unit usaha dalam koperasi,” kata AA Alit Kakarsana yang merupakan trah ke-25 dari Puri Ageng Blahbatuh.

Sementara itu IGN Wirabudiasa menambahkan harapannya akan dukungan terhadap koperasi ini. “Karena wadah koperasi ini sangat penting untuk mendukung perekonomian masyarakat, khususnya usaha kecil. Dan pada intinya koperasi ini memiliki tujuan utama berguna bagi masyarakat, Negara  dan bangsa,” pungkas IGN Wirabudiasa.*

Komentar