nusabali

Indonesia Finis Tiga Besar

Kejuaraan Catur Dunia

  • www.nusabali.com-indonesia-finis-tiga-besar

JAKARTA, NusaBali
Tim Indonesia finis peringkat ketiga pada kejuaraan catur dunia bertajuk ‘FIDE Online World Corporate Chess Championship 2021.

Kejuaraan itu diikuti 284 perusahaan dari 78 negara, termasuk Indonesia. Indonesia diwakili PTP Multipurpose, anak perusahaan dari PT Pelindo II, yang mengurus pelabuhan Tanjung Priok. Karena pandemi virus corona, turnamen catur itu digelar secara virtual melalui zoom dan live melalui website Chess.com serta youtube chesscom.

Sebanyak 204 pecatur dengan gelar berpartisipasi di kompetisi ini termasuk 36 GrandMaster (GM), dua di antaranya adalah juara dunia catur ternama Magnus Carlsen yang mewakili sponsornya, Kindred, serta Anton Korobov, pecatur peringkat kelima di ajang rapid chess, yang mewakili Sberbank Trade Union asal Rusia.

Para GM dan Master International bisa bermain karena setiap tim diperbolehkan mempunyai satu pemain dengan rating FIDE di atas 2.500 dan satu pemain yang tak bekerja di perusahaan tersebut. Selain itu, setiap pemain wajib menurunkan setidaknya satu pemain wanita dan satu pemain pria.

PTP Multipurpose harus bersaing dengan banyak perusahaan terkenal seperti Amazon, Twitter, American Express, Deloitte, Air BnB California, dan lainnya. PTP Multipurpose mengirim wakilnya dengan tujuan untuk ajang ujicoba dan latih tanding tim PTP Chess Warriors dengan para grand master dan master internasional.

Selain meraih prestasi di bidang olahraga, perusahaan di bidang terminal multipurpose itu juga menjadikan kejuaraan itu sebagai kesempatan memperoleh kerjasama bisnis dengan perusahaan ternama dunia.

Selama turnamen berlangsung, PTP Multipurpose yang menurunkan enam pecaturnya berkumpul di Hotel Bigland Sentul. Tim ini dimanajeri Rachmat Hidayat selaku VP Sumber Daya Manusia PTP Multipurpose dan didukun glangsung Direktur Utamanya Drajat Sulistyo.

Indonesia masuk semifinal sebelum dikalahkan Grenke Bank yang akhirnya jadi juara. Grenke Bank asal Jerman mengalahkan Sberbank di final. *ant

Komentar