nusabali

Dua Gol Messi Kembalikan Barca ke Perburuan Gelar La Liga

  • www.nusabali.com-dua-gol-messi-kembalikan-barca-ke-perburuan-gelar-la-liga

Barcelona kini mengoleksi 50 poin sehingga menggusur Sevilla yang mengumpulkan 48 poin dari posisi ketiga. Sedangkan Elche (21) yang kini sudah sembilan pertandingan tandang secara beruntun tak merasakan kemenangan, tertahan pada urutan ke-18.

BARCELONA, NusaBali.com
Dwigol yang dicetak Lionel Messi membawa Barcelona kembali ke posisi ketiga klasemen sementara Liga Spanyol setelah mengalahkan Elche 3-0 dalam laga tunda pekan pertama yang berlangsung di Stadion Camp Nou, Rabu (24/2/2021) waktu setempat. Tambahan satu gol dari Jordi Alba yang melengkapi kemenangan Blaugranas. 

Barca yang meloncati Sevilla ke posisi tiga berkat kemenangan itu dan kini dua poin di bawah Real Madrid, bahkan bisa lebih menempel lagi Atletico kalau saja tidak kebobolan saat ditahan seri 1-1 oleh Cadiz akhir pekan lalu. Mereka terlihat gugup pada babak pertama melawan Elche itu dan tidak banyak menciptakan peluang sebelum kemudian mengungguli penuh lawannya itu pada babak kedua.

Kendati tampil menekan sejak awal laga, Barca harus puas turun minum dengan skor tanpa gol karena sejumlah peluang mereka dimentahkan oleh barisan pertahanan tim tamu. Pada menit ke-21 misalnya, Trincao yang sukses melewati hadangan dua pemain Elche di dalam kotak penalti lawan mendapati tembakan penyelesaiannya digagalkan lewat penyelamatan gemilang kiper Edgar Badia. 

Tiga menit setelah babak kedua mulai, Messi mampu memecahkan kebuntuan setelah menaklukkan Badia dalam situasi satu lawan satu sukses menuntaskan kerja sama umpan satu dua bersama Martin Braithwaite. Braithwaite hampir menggandakan keunggulan Barca pada menit ke-56, tetapi tembakan volinya digagalkan oleh Josema Sanchez yang pasang badan di muka gawang Elche.

Pada menit ke-68, Messi mencetak gol keduanya yang tidak lepas dari aksi gemilang Frenkie de Jong dalam melewati tiga pemain Elche sebelum melepaskan umpan matang.

Kerja sama tim kembali terlihat lima menit kemudian saat Braithwaite memilih meneruskan umpan silang Messi dengan umpan sundulan untuk dicocor Alba dari jarak dekat sehingga memperbesar keunggulan Barcelona menjadi 3-0.

Antoine Griezmann berpeluang memperlebar marjin kemenangan Barca enam menit menjelang turun minum, sayang tembakan penyelesaiannya setelah memperdaya Badia malah menghantam jaring luar gawang Elche.
Setelah melalui awal musim yang buruk tim asuhan Ronald Koeman itu sudah memenangkan delapan dari total 10 pertandingan liga terakhirnya sehingga terus menempel tim Diego Simeone yang memuncaki klasemen.

Atletico memiliki satu pertandingan lebih dibandingkan dengan Barca namun sejak awal bulan ini performanya menurun dengan hanya memenangkan satu dari empat laga terakhir. Kepercayaan diri mereka juga tengah terpuruk setelah dibekuk Chelsea 0-1 dalam pertandingan Liga Champions. "Perburuan gelar tengah berjalan," kata Alba kepada wartawan setelah turut menciptakan gol ke gawang Elche menyusul dua gol yang dicetak Lionel Messi pada babak kedua.

"Orang tidak memperhitungkan kami selama beberapa pekan dan bilang tetapi kami tahu adalah tergantung kami jika kami ingin terus bertarung di liga. Tim-tim lain terus tergelincir, cuma kami yang tidak," sambung Alba.

Sementara itu pelatih Ronald Koeman mengkritik penampilan anak buahnya pada babak pertama itu yang membuat Messi memarahi rekan-rekan satu timnya sebelum babak pertama berakhir. Koeman terkesan oleh reaksi para pemainnya. "Semua orang bisa menyaksikan kami tidak bermain cukup cepat atau berintensitas pada babak pertama dan bagus saja Messi sebagai kapten meminta intensitas lebih," kata Koeman.

"Kami ingin bermain bagus tetapi kadang-kadang lawan membuat hal itu sulit dan kami sudah memainkan banyak laga belakangan ini sehingga kelelahan. Kami manusia, bukan mesin, dan kadang-kadang Anda bermain lebih buruk dibandingkan dengan yang lain. Tetapi kami sudah menunjukkan karakter pada babak kedua," pungkas Koeman.

Akhir pekan ini kedua tim kembali merumput saat Barcelona bertandang ke markas Sevilla pada Sabtu (27/2/2021) dan Elche menyambangi Granada sehari kemudian.*ant

Komentar