nusabali

Disbud Gianyar Tunda Sejumlah Kegiatan

  • www.nusabali.com-disbud-gianyar-tunda-sejumlah-kegiatan

GIANYAR, NusaBali
Dinas Kebudayaan (Disbud) Gianyar menunda sejumlah kegiatan akibat tidak ada dana.

Salah satunya, Festival Film Dokumenter Biografi dengan tema penghormatan terhadap seniman Gianyar. Festival ini rencananya diikuti generasi muda di Kabupaten Gianyar. Padahal technical meeting sudah digelar, peserta sudah mendaftarkan diri bahkan sudah syuting.

Kadis Kebudayaan Gianyar, I Gusti Agung Sri Widiawati, mengakui Festival Film Dokumenter Biografi telah dalam tahap persiapan. Rencananya digelar secara online karena masih pandemi Covid-19. “Kami sudah menggelar technical meeting,” ungkap Gusti Agung Sri Widiawati, Selasa (23/2). Namun per tanggal 13 Februari 2021 terbit Surat Edaran (SE) Sekda Gianyar untuk menindaklanjuti arahan Bupati Gianyar terkait situasi pandemi Covid-19. Atas SE itu, Disbud terpaksa menunda sementara pelaksanaan festival hingga situasi kembali normal.

Menurut Gusti Agung Sri Widiawati, anggaran saat ini diprioritaskan untuk pembayaran listrik, air, dan gaji pegawai. Sejumlah kegiatan tidak bisa digelar di tahun 2021 akibat adanya refocusing anggaran. Hanya Bulan Bahasa Bali bisa digelar. Akibat ditundanya festival film dokumenter ini, Disbud Gianyar telah memberitahukan kepada seluruh peserta. Dari kuota 100 peserta, sudah ada 30 peserta yang mendaftarkan diri.

Ditegaskan, tertundanya festival ini bukan karena besar kecilnya hadiah. Namun karena tidak ada dana. Selain festival film dokumenter, kegiatan lainnya yang juga ditunda adalah pembinaan Pesta Kesenian Bali (PKB). Pelaksanaan PKB masih menunggu arahan Bupati Gianyar. Dipastikan akan digelar secara virtual. Dia menegaskan bekerja sesuai DIPA. “Kalau di desa silahkan, mereka masing-masing bisa buat kegiatan. Kalau kami bekerja sesuai DIPA,” jelasnya. *nvi

Komentar