nusabali

Tiga Pasien Terkonfirmasi Covid-19 di Denpasar Meninggal Dunia

  • www.nusabali.com-tiga-pasien-terkonfirmasi-covid-19-di-denpasar-meninggal-dunia

DENPASAR, NusaBali
Kasus pasien terkonfirmasi Covid-19 yang meninggal dunia di Kota Denpasar kembali bertambah.

Pada Selasa (23/2), terdata sebanyak tiga orang meninggal karena Covid-19, sementara penambahan kasus positif sebanyak 128 kasus, dan pasien sembuh sebanyak 129 orang yang sebelumnya masih diisolasi di rumah singgah (hotel). Saat ini mereka sudah diperbolehkan pulang untuk menjalani karantina mandiri selama 14 hari sebelum kembali bisa berinteraksi dengan masyarakat.

Terkait tiga orang meninggal dunia, pasien pertama diketahui seorang laki-laki usia 79 tahun dengan status domisili di Desa Dauh Puri Kaja, Denpasar Utara. Pasien kedua diketahui seorang laki-laki usia 62 tahun yang berdomisili di Kelurahan Renon, Denpasar Selatan. Dan seorang laki-laki usia 80 tahun yang berdomisili di Desa Dangin Puri Kauh, Denpasar Barat.

“Hari ini (kemarin) kasus positif bertambah sebanyak 128 orang, kasus sembuh bertambah 129 orang, dan sebanyak tiga orang pasien meninggal dunia. Tren penularan yang masih terjadi ini harus menjadi perhatian kita semua,” kata Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kota Denpasar I Dewa Gede Rai, Selasa (23/2).

Menurut dia, penambahan kasus tersebut terjadi pada berbagai profesi. Yang paling tinggi adalah klaster perkantoran dan klaster keluarga. Dengan penambahan pasien meninggal dan penambahan kasus tersebut, Dewa Rai berharap masyarakat jangan sampai mengurangi kewaspadaan. Sebab, titik-titik lengah telah menyebabkan tingkat kasus Covid-19 di Denpasar meningkat drastis. Peningkatan ini jauh berbahaya dari rata-rata angka Covid-19 pada 2020 lalu.

Dewa Rai juga mengajak masyarakat untuk mengurangi mobilitas, dan menerapkan protokol kesehatan (prokes) dengan ketat. “Mohon kepada masyarakat untuk menerapkan prokes secara ketat, termasuk saat di rumah wajib menerapkan prokes yang ketat untuk meminimalisir klaster keluarga,” imbuhnya.

Berdasarkan data, secara kumulatif kasus positif tercatat 10.247 kasus,  angka kesembuhan pasien Covid-19 di Kota Denpasar mencapai 9.094 orang (88,75 persen), meninggal dunia sebanyak 189 orang (1,84 persen), dan kasus aktif yang masih dalam perawatan sebanyak 964 orang (9,41 persen).

Dewa Rai kembali mengingatkan agar semua pihak berpartisipasi mencegah penularan Covid-19. “Hindari kerumunan, selalu gunakan masker, dan sesering mungkin mencuci tangan setelah melakukan aktivitas. Selain itu mari bersama terapkan 3M (menjaga jarak, menggunakan masker, dan mencuci tangan),” kata Dewa Rai. *mis

Komentar