nusabali

Manfaat Melakukan Soil Investigation dalam Bidang Konstruksi

  • www.nusabali.com-manfaat-melakukan-soil-investigation-dalam-bidang-konstruksi

JAKARTA, NusaBali.com
Pengujian tanah atau soil investigation jarang dilakukan sebelum mendirikan sebuah bangunan sehingga dibutuhkan teknologi untuk melakukan hal ini.

Bagaimanapun juga, proyek konstruksi membutuhkan perencanaan yang cermat dan matang karena bisa mendatangkan dampak yang besar pada lingkungan. Entah anda sedang membangun rumah atau membuat bangunan komersial, fondasi adalah hal pertama yang dibangun. 

Karena fondasi berfungsi menahan seluruh struktur bangunan maka sebuah fondasi harus kokoh. Di sinilah, soil investigation berperan penting sehingga anda bisa merencanakan fondasi dengan tepat. Tetapi sebelum anda mulai mengerjakan proyek konstruksi, sebaiknya ketahui apa yang dimaksud dengan soil investigation dan apa pentingnya untuk  proyek konstruksi. 

Apa Itu Soil Investigation? 

Soil investigation yaitu metode penentuan stratigrafi dan sifat fisik yang relevan dari tanah yang menjadi tempat didirikannya lokasi konstruksi. Tujuan dari prosedur ini yaitu menentukan apakah tanah tersebut sudah cukup kokoh untuk tempat mendirikan bangunan. Sebelum sampel tanah dianalisis, konstruksi proyek tidak boleh dimulai. Penyelidikan tanah bisa melibatkan beragam metode dan ini juga menjadi bagian penting dari proses persiapan bangunan. Hasil dari investigasi ini bisa mempengaruhi perkembangan proyek konstruksi. 

Manfaat Melakukan Soil Investigation Sebelum Proyek Konstruksi 

1. Meminimalisir Kerusakan 

Jika anda membangun rumah/gedung di atas tanah yang bermasalah, maka kelak pasti ada kerusakan yang akan terjadi. Ini karena fondasi yang lemah tidak bisa menopang berat rumah anda atau menahan tekanan tanah yang ada di sekitar fondasi. Fondasi yang kokoh dan dirancang untuk menahan beban bisa melindungi rumah anda selama beberapa tahun ke depan. 

Inilah mengapa sangat penting untuk menggunakan jasa seorang ahli geoteknik untuk memeriksa tanah di sekitar lokasi bangunan sebelum fondasi dirancang. Mereka akan membantu mengidentifikasi resiko pembangunan sehingga anda bisa menemukan solusi terbaik misalnya dengan menggunakan desain, bahan atau perawatan tertentu, atau justru mencari lokasi lain yang lebih cocok. 

2. Lebih Menghemat Biaya 

Salah satu cara terbaik agar membuat tanah cocok dengan konstruksi yaitu dengan mengolah tanah. Oleh karena itu, soil investigation membantu menentukan apakah ada kebutuhan untuk mengolah tanah atau tidak. Jika ada, maka beberapa stake holder mungkin akan mengalokasikan biaya untuk pengolahan tanah. Dengan demikian, biaya yang ditanggung setiap individu menjadi lebih rendah. Selain itu, pengolahan tanah akan membantu menghemat uang dibandingkan harus membayar kerugian jika ada masalah dengan bangunan di kemudian hari. Termasuk menghemat biaya maintenance akibat fondasi yang lemah. 

3. Membantu Menentukan Material Bangunan yang Tepat 

Soil investigation membantu anda menentukan bahan yang paling cocok untuk digunakan dalam konstruksi. Beberapa material mungkin tidak akan tahan lama. Itu artinya akan muncul retakan pada dinding atau bahkan lantai setelah konstruksi selesai. Oleh karena itu, perlu dilakukan soil investigation dan memutuskan material terbaik untuk konstruksi. Seorang insinyur akan membantu anda untuk menentukan material bangunan yang tepat ketika hasil uji tanah telah didapatkan. Mereka juga akan menentukan apakah proyek bisa dilanjutkan. 

Metode-Metode dalam Soil Investigation


4. Meningkatkan Keselamatan Proyek 

Salah satu alasan terpenting mengapa soil investigation harus dilakukan yaitu membantu menentukan seberapa aman untuk melanjutkan proyek atau tidak. Pembangunan yang dilakukan di atas tanah tertentu bisa menimbulkan ancaman bagi pekerja dan bangunan yang ada di sekitarnya. Untuk menghindari implikasi hukum, lakukan soil investigation yang kompeten. Pentingnya soil investigation tidak bisa sekedar diucapkan. Namun ini membantu anda untuk menentukan berbagai aspek proyek yang meliputi penurunan biaya dan peningkatan safety. 

5. Memberikan Informasi Tambahan untuk Perkiraan Kontraktor 

Selain jenis pondasi dan parameter dari desain yang terkait, soil investigation di bawah permukaan juga memberikan rekomendasi tambahan yang berhubungan dengan penilaian lokasi dan drainase, sistem lantai (khususnya pelat yang langsung ditempatkan di atas tanah), drainase pondasi, pekerjaan soil dan operasi penggalian, dan lain sebagainya. Tanpa adanya informasi semacam ini, kontraktor harus membuat asumsi tentang kebutuhan yang bisa menyebabkan perkiraan meleset antara satu kontraktor dengan kontraktor lainnya serta membuat pesanan menjadi lebih mahal. 

6. Memenuhi Peraturan/Kewajiban

Proyek konstruksi anda kemungkinan besar tidak diizinkan untuk berlanjut sampai anda telah melakukan soil investigation yang harus dilakukan, termasuk melakukan pengeboran. Ini karena soil investigation mungkin diwajibkan oleh pemerintah setempat sebelum mereka mengeluarkan izin atau oleh perusahaan rekayasa geoteknik untuk mengembangkan desain. 

7. Memberikan Informasi yang Dibutuhkan tentang Desain Pondasi 

Salah satu tujuan utama penyelidikan tanah yaitu untuk memberikan parameter desain pondasi kepada insinyur bangunan. Tanpa adanya parameter ini, insinyur tidak bisa menyelesaikan desain fondasi untuk bangunan. Sekalipun fondasi bisa dirancang berdasarkan parameter desain awal. Parameter tersebut harus diverifikasi dengan meminta ahli geoteknik untuk melakukan pengamatan terhadap penggalian. Jika parameter desain akhir berbeda dengan parameter awal maka fondasi harus direvisi. Ini biasanya membutuhkan biaya yang sangat banyak. 

Antesena Geosurvey Sediakan Jasa Investigation Soil 

PT Antesena Geosurvey Indonesia adalah perusahaan konsultan geofisika yang bergerak dalam bidang survey bawah tanah yang akan membantu anda melakukan manajemen resiko bawah permukaan. Kami akan membantu anda melakukan soil investigation. Kami memiliki tim yang terdiri dari tenaga ahli yang kompeten dan berpengalaman di bidangnya. Tidak hanya itu, kami juga menggunakan teknologi dan alat terbaik untuk menyelesaikan proyek kami sehingga kami bisa memberikan solusi yang terbaik untuk  klien kami. 

FAQ 

Apa yang dimaksud dengan soil investigation? 
-Soil investigation merupakan pengujian fisik yang dilakukan di lokasi untuk memahami kondisi tanah untuk menentukan desain geoteknik (fondasi, dinding penahan dan perbaikan tanah). 

Apa itu laporan soil investigation? 
-Laporan soil investigation adalah dokumen hukum penting yang bisa digunakan sebagai dasar untuk menentukan desain fondasi atau struktur bumi serta konstruksinya. Laporan tersebut juga menjadi dasar menyelidiki potensi ketidakstabilan atau kegagalan struktur selama masa penggunaan. 

*)Konten ini dibuat oleh Core Freelancers, penyedia jasa pembuatan website terbaik.

loading...

Komentar