nusabali

Inilah Kelebihan Panel Surya. Ketahui Sebelum Menggunakan!

  • www.nusabali.com-inilah-kelebihan-panel-surya-ketahui-sebelum-menggunakan

DENPASAR, NusaBali.com
Panel surya atau yang sering disebut dengan solar cell adalah pembangkit listrik yang prinsip kerjanya yaitu mengkonversi sinar matahari menjadi aliran listrik.

Panel surya ini belum begitu banyak digunakan karena efisiensinya rendah. Jika dibandingkan dengan sumber energi lainnya, panel surya ini membutuhkan biaya pemasangan yang sangat besar. Tetapi dengan teknologi yang canggih, solar cell bisa menjadi sumber energi alternatif yang menjanjikan untuk masa depan. 

Kini, solar energy in Bali atau sel surya sudah mulai banyak digunakan dalam berbagai bidang mulai untuk mainan anak, handphone, traffic light hingga PLTS untuk rumah tangga/area perkantoran. Bukan tidak mungkin jika kelak kita tidak akan lagi menemukan tiang listrik yang berjejer dengan kabel yang menjuntai. Banyak sekali kelebihan panel surya yang membuatnya semakin disukai oleh banyak orang. 

Sederet Kelebihan Panel Surya yang  Wajib Diketahui 

1. Matahari Adalah Sumber Energi yang Tak Pernah Habis 

Ini adalah kelebihan yang tak bisa dipungkiri. Matahari adalah sumber energi yang benar-benar bisa diperbarui. Ini bisa dimanfaatkan pada seluruh wilayah yang ada di dunia dan tersedia setiap hari. Kita tidak bisa kehabisan energi matahari. Ini tentu saja berbeda dengan beberapa sumber energi yang lainnya. Energi matahari akan selalu bisa diakses selama masih ada matahari di dunia ini. Menurut para ilmuwan, matahari masih akan tersedia untuk seluruh makhluk di bumi selama 5 miliar tahun ke depan. 

2. Tagihan Listrik Lebih Rendah 

Karena anda akan memenuhi kebutuhan listrik anda akan terpenuhi dengan listrik yang dihasilkan dari matahari maka tagihan listrik anda tentu akan lebih rendah. Seberapa persen anda bisa menghemat tagihan, semuanya tergantung ukuran panel surya dan penggunaan listrik. Anda tidak hanya akan menghemat tagihan listrik namun juga akan mendapatkan pembayaran atas kelebihan energi yang bisa anda ekspor ke jaringan. Jika anda bisa menghasilkan lebih banyak listrik dibandingkan dengan yang anda gunakan (sistem panel surya anda akan terhubung ke jaringan). 

3. Penggunaan yang Beragam 

Energi matahari sangat bisa digunakan untuk berbagai hal. Anda bisa menghasilkan listrik atau panas. Energi matahari bisa digunakan untuk menghasilkan listrik pada daerah yang tak memiliki akses ke jaringan energi, untuk menyuling air pada daerah dengan pasokan air bersih yang terbatas serta untuk menggerakkan satelit yang ada di luar angkasa. Di samping itu, energi matahari juga bisa diintegrasikan dalam material yang akan digunakan untuk kepentingan konstruksi. 

4. Biaya Perawatan yang Lebih Murah 

Sistem panel surya Bali biasanya tidak terlalu membutuhkan banyak perawatan. Anda hanya perlu menjaganya agar tetap bersih jadi cukup membersihkannya beberapa kali dalam satu tahun. Jika anda merasa ragu, anda bisa menghubungi layanan pembersih khusus. Beberapa produsen panle surya menawarkan garansi hingga 20-25 tahun. Karena tidak bagian yang ikut bergerak sehingga tidak ada keausan. Setelah 5-10 tahun, anda mungkin hanya perlu mengganti inverter karena bagian ini yang terus bekerja untuk mengubah energi matahari menjadi energi panas dan listrik. 

Selain inverter, kabel juga membutuhkan perawatan untuk memastikan bahwa sistem tenaga surya bisa bekerja dengan efisiensi yang maksimal. Jadi setelah mengeluarkan biaya yang besar untuk pemasangan panel surya, anda tidak harus mengeluarkan banyak uang untuk maintenance atau perbaikan. 

Jenis-Jenis Solar Panel 


5. Perkembangan Teknologi 

Teknologi dalam industri solar panels for home terus berkembang dengan pesat. Di masa depan, teknologi ini akan terus meningkat. Penemuan dalam fisika kuantum dan nanoteknologi bisa meningkatkan efektivitas panel surya dan bahkan menggandakan hingga tiga kali lipat, input listrik dari sistem tenaga surya. 

6. Lebih Ramah Lingkungan 

Energi surya punya dampak negatif yang paling rendah pada lingkungan dibandingkan dengan sumber energi yang lainnya. Solar panel tidak menghasilkan gas rumah kaca serta tidak mencemari air. Panel surya hanya membutuhkan sedikit air untuk maintenance. Ini berbeda dengan pembangkit listrik tenaga nuklir yang cenderung membutuhkan air 20 kali lipat lebih banyak. Produksi energi surya biasanya tidak menimbulkan kebisingan. Ini menjadi keuntungan utama karena banyak instalasi surya yang ada di daerah perkotaan, seperti panel surya domestik. 

7. Lebih Sedikit Listrik yang Dibutuhkan Selama Transportasi Jarak Jauh 

Sebagian energi, sekitar 3-5%, hilang selama transportasi dan distribusi. Semakin jauh jarak antara titik produksi dan suplai maka semakin banyak energi yang hilang. Kerugian tersebut mungkin tampak tidak signifikan namun bisa mempengaruhi kinerja instalasi di daerah yang padat penduduk. Memasang panel surya di atap atau di halaman bisa mengurangi ini secara signifikan sehingga meningkatkan efisiensi dari panel surya. 

8. Keamanan Jaringan Listrik 

Ini adalah manfaat tidak langsung namun penting yang berdampak langsung pada efisiensi jaringan listrik jika terjadi masalah umum pemadaman atau penurunan tegangan. Kemungkinan untuk memperkenalkan tenaga surya dari banyaknya pusat produksi energi individu bisa meningkatkan keamanan jaringan listrik terhadap kelebihan beban atau terjadinya kebakaran pada gardu induk transformator. 

Nusa Solar Sediakan Layanan Pemasangan Tenaga Surya 

Nusa Solar akan membantu anda menggunakan tenaga surya dengan jauh lebih mudah. Kami akan mendampingi anda mulai dari awal serta akan memberikan solusi untuk anda. Nusa Solar yakin bahwa tenaga surya sangatlah penting sebagai sumber energi alternatif di masa depan. Misi utama Nusa Solar adalah membantu lebih banyak orang menggunakan tenaga surya dan memandu mereka untuk melewati proses yang harus dilalui. 

Nusa Solar sebelumnya telah berpengalaman dalam bisnis Engineering, Procurement & Construction (EPC) sehingga kami memahami kunci utama dalam pembuatan Instalasi Tenaga Surya agar sukses di masa depan. Nusa Solar berbasis di Jakarta dan Bali dengan pengalaman mengembangkan proyek tenaga surya selama lebih dari 10 tahun. 

FAQ 

Apa keuntungan menggunakan panel surya? 
-Tenaga surya sama seperti sumber energi terbarukan lainnya serta memiliki banyak manfaat untuk lingkungan dan kesehatan. Dengan menggunakan tenaga surya, emisi gas rumah kaca bisa dikurangi. Ini berpengaruh pada perubahan iklim serta menghasilkan lebih sedikit polutan udara yang bisa menyebabkan masalah kesehatan. 

Apa pengaruh solar panel terhadap nilai jual rumah saya? 
-Penelitian menunjukkan bahwa rumah dengan sistem energi surya lebih mahal dibandingkan dengan rumah yang tidak memiliki sistem energi surya. Tetapi akan jauh lebih baik jika anda membeli sistem panel surya bukan menyewa. Menggunakan tenaga surya akan meningkatkan nilai properti lebih dari sekadar renovasi dapur. 

*)Konten ini dibuat oleh Core Freelancers, penyedia jasa SEO untuk bisnis anda.

loading...

Komentar