nusabali

Bupati Suwirta Minta Warga Konsisten Tangani Sampah

  • www.nusabali.com-bupati-suwirta-minta-warga-konsisten-tangani-sampah

SEMARAPURA, NusaBali
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta minta warga agar konsisten dalam menangani masalah sampah.

Sikap itu agar diperkuat dengan kesadaran dan niat tulus untuk menjaga lingkungan agar tetap bersih. Hal tersebut disampaikan Bupati Suwirta saat membuka pelatihan peningkatan kapasitas pengelolaan sampah tingkat desa di Gedung Edukasi Lantai II TOSS Center, Banjar Karangdadi, Desa Kusamba, Kecamatan Dawan, Klungkung, Senin (22/2).

Kegiatan itu dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional. Hadir, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan (DLHP) Klungkung I Ketut Suadnyana, narasumber dari Bali Tresna Sujati I Nyoman Suarsana serta instansi terkait lainnya.

Bupati Suwirta mengatakan masalah penanganan sampah harus dilakukan secara konsisten. Kesadaran dan niat yang tulus dari diri sendiri untuk menjaga lingkungan tentu harus dijaga dengan sebaik-baiknya. "Mari mulai dari diri sendiri jaga lingkungan agar tetap bersih dengan cara memilah sampah dengan baik," harap Bupati Suwirta kepada para peserta.

Menurut Bupati Suwirta, kebersihan di desa sudah menjadi prioritas utama. Maka dari itu, bupati tidak henti-hentinya berharap agar di masing-masing desa mensosialisasikan dan mewajibkan masyarakat untuk memilah sampah organik dan non organik dari rumah. Pilah sampah dengan baik sesuai dengan aturan yang telah ditentukan. "Bina masyarakat kita dengan baik tentang cara pemilahan sampah yang benar," ujarnya.

Sedangkan terkait dengan penanganan sampah plastik, akan dituntaskan di masing-masing desa dengan Gerakan Puputan Sampah Plastik (Gema Tansaplas). Program ini bisa berjalan dengan baik, apabila seluruh masyarakat ikut mendukungnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Klungkung I Ketut Suadnyana menyampaikan pelatihan peningkatan kapasitas pengelolaan sampah tingkat di desa ini dilaksanakan dalam rangka Memperingati Hari Peduli Sampah Nasional Tahun 2021 dengan sasaran 24 Desa. "Kegiatan pelatihan ini diikuti 48 orang dalam dua angkatan, 22 dan 23 Februari 2021," harapnya. *wan

loading...

Komentar