nusabali

Sampah Pantai Kedonganan Capai 600 Ton

Masih Dititip di Lahan Warga, Dijadwalkan Evakuasi Paling Akhir

  • www.nusabali.com-sampah-pantai-kedonganan-capai-600-ton

MANGUPURA, NusaBali
Sampah kiriman di Pantai Kedonganan, Kelurahan Kedonganan, Kecamatan Kuta, Badung, masih terus berdatangan hingga saat ini.

Bahkan, sampah yang didominasi sampah plastik tersebut betebaran di sepanjang bentangan pantai. Meski terus berdatangan, petugas Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (LHK) Badung, belum mengangkut sampah tersebut ke TPA Suwung, Kecamatan Denpasar Selatan. Untuk sementara masih dikumpulkan di lahan milik warga.

Koordinator Deteksi Evakuasi Sampah Laut (Desalut) Dinas LHK Badung I Made Gede Dwipayana, mengatakan sampah kiriman di kawasan Pantai Kedonganan, masih berdatangan. Namun, sampah yang sudah dibersihkan itu untuk sementara dikumpulkan di lahan milik warga. Hal ini dikarenakan petugas kebersihan masih fokus di kawasan Pantai Samigita (Seminyak, Legian dan Kuta).

“Kalau di Pantai Kedonganan tetap kita bersihkan. Namun, untuk evakuasi ke TPA Suwung, kemungkinan paling terakhir. Saat ini, sampah yang sudah dibersihkan kami kumpulkan jadi satu,” kata Dwipayana, Senin (22/2) sore.

Menurut dia, sampah yang sudah terkumpul dan dititipkan sementara di lahan milik warga itu diperkirakan mencapai 300 hingga 400 truk atau setara dengan 600 ton lebih. Sampah di Pantai Kedonganan tersebut didominasi plastik yang mencapai 80 persen. Sementara, untuk 20 persennya sampah ranting dan juga batang kayu. “Karena sebaran sampah yang disebabkan angin baratan ini serentak di seluruh kawasan barat, maka kami prioritaskan di beberapa titik untuk diangkut ke TPA Suwung. Di lokasi yang tidak memiliki lahan penampungan tentu didahulukan seperti di Pantai Samigita itu,” jelas Dwipayana.

Diterangkan, saat ini sampah kiriman di kawasan Pantai Samigita sudah mulai berkurang volumenya. Dengan demikian, dalam beberapa pekan ke depan, mulai pembersihan dan mengevakuasi sampah yang terkumpul di Pantai Kedonganan. Pengangkutan ke TPA Suwung, akan dilakukan bertahap sembari menggakut sampah dari wilayah lainnya.

“Kami akan tangani terakhir khusus di Pantai Kedonganan saja. Alasannya karena ada lahan yang menampung sementara. Di titik lainnya tidak bisa lama-lama. Contohnya, tadi pagi (kemarin) kami mengevakuasi sampah dari Pantai Jimbaran ke TPA Suwung. Begitu juga di beberapa titik di Kuta dan Seminyak,” jelas Dwipayana.

Dia menambahkan, walaupun sampah kiriman di Pantai Kedonganan, dievakuasi paling akhir, petugas tetap bekerja maksimal dalam penanganannya, hingga kawasan itu bersih dari sampah. “Kalau di Pantai Samigita itu kan didominasi sampah ranting dan kayu. Sehingga, proses cepat dan diangkut ke Suwung. Tapi, kalau di Pantai Kedonganan, di dominasi sampah plastic,” tandasnya. *dar

loading...

Komentar