nusabali

Peringati Hari Peduli Sampah Nasional, Simpatisan Jerinx Serbu Pantai

  • www.nusabali.com-peringati-hari-peduli-sampah-nasional-simpatisan-jerinx-serbu-pantai

GIANYAR, NusaBali.com
Hari Peduli Sampah Nasional, Minggu (21/2/2021),  menjadi momentum simpatisan musisi Jerinx melakukan aksi bersih sampah di Pantai Saba Gianyar dan di Penataran Pura Rambut Siwi Jembrana.

Di Jembrana komunitas Gerakan Jembrana Muda bersama komunitas Pedals (Peduli Lingkungan dan Aksi Sosial) melakukan aksi bersih pantai yang dilakukan di sempadan Pantai Pura Rambut Siwi. I Putu Ari Wiradana salah satu simpatisan yang melakukan aktivitas tersebut menjelaskan bahwa sebagai generasi muda dirinya berharap semua insan harus lebih tanggap dan aktif dalam menjaga alam. Di samping itu dalam kegiatan ini ia juga menyampaikan solidaritas dan support morilnya terhadap Jerinx yang kini sedang ditahan di LP Kerobokan karena tersandung kasus pencemaran ama baik Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

Di sisi lain, Oka Ramendra dari Solidaritas Gianyar menjelaskan bahwa kegiatan bersih pantai dilakukan di pantai Saba Gianyar karena banyak tumpukan sampah yang dibawa oleh arus karena cuaca ekstrem. "Kita semua mesti lebih peka dan disiplin dalam menjaga kebersihan lingkungan," tegasnya.

Krisna Bokis Dinata dari Aliansi Bebaskan JRX menegaskan bahwa seperti komitmen pihaknya di awal bahwasannya hal-hal baik yang memang memberikan kontribusi positif seperti aktivitas bersih pantai akan selalu dilakukan. “Hal ini sebagai bentuk komitmen kami dalam melakukan dan meneruskan apa yang selama ini dilakukan oleh sosok JRX," jelasnya.

Lebih Lanjut Krisna Bokis menerangkan puluhan karung sampah yang terkumpul kemudian dipilah dan didistribusikan ke bank sampah Banjar Beten Kelod Gianyar, di mana sampah organik akan diberdayakan menjadi pupuk dan sampah plastik akan diolah oleh bank sampah untuk menjadi sesuatu yang memiliki daya guna. "Selain menjaga kebersihan lingkungan, kami juga berusaha agar melakukan pemilahan dan pengolahan sampah berbasis sumber," imbuh Krisna yang juga merupakan aktivis Walhi Bali ini.*

Komentar