nusabali

Fakta Gol Manchester United Usai Mengalahkan Newcastle United

  • www.nusabali.com-fakta-gol-manchester-united-usai-mengalahkan-newcastle-united

Produktivitas gol Manchester United musim ini tergolong baik, dan hanya kalah dari musim 2012-2013 saat terakhir kali menjadi juara Liga Inggris bersama Sir Alex Ferguson.

MANCHESTER, NusaBali.com
Manchester United merebut kembali posisi kedua di klasemen sementara Liga Inggris berkat kemenangan 3-1 atas Newcastle United di Stadion Old Trafford, Manchester, Minggu (21/2/2021) atau Senin dini hari Wita.

Posisi tersebut sempat diambil oleh Leicester City, yang menang 2-1 di markas Aston Villa pada pertandingan yang dimainkan lebih awal. Koleksi poin United dan Leicester sama yakni 40 poin, namun United unggul selisih gol. 

Namun jarak United dengan Manchester City masih tetap tertinggal 10 poin.  United baru mendapatkan 49 poin, sedangkan City sudah 59 poin. Tim asuhan Pep Guardiola itu menang 1-0 atas Arsenal. Dalam laga yang digelar di Emirates Stadium, gol emas City dihasilkan melalui sundulan Raheem Sterling menyambut umpan silang Riyad Mahrez. Dengan demikian City mencatat kemenangan beruntun ke-15 di Liga Inggris sejak 15 Desember 2020

Pada laga lainnya Tottenham Hotspurs menelan kekalahan 2-1 dari tuan rumah West Ham sehingga membuat posisi pelatih Jose Mourinho kian terdesak.  Kekalahan itu menjadi yang kedelapan Spurs musim ini, membuat tim besutan Mourinho tercecer di peringkat 9 dengan 36 poin dari 24 laga. Sepanjang 2021 ini mereka bahkan hanya tiga kali menang di Premier League.

Kunci kemenangan MU atas Newcastle adalah peran Marcus Rashford yang tampil gemilang untuk membantu timnya mengamankan tiga poin pada putaran ke-25. Ia mencetak gol pemecah kebuntuan pada menit ke-30 dengan menaklukkan Karl Darlow di tiang dekat. Itu merupakan gol ke-18nya musim ini. Sejak musim lalu, Rashford sudah mengemas 40 gol di semua kompetisi, tapi pemain asli binaan akademi United ini masih di bawah Mohamed Salah (47 gol), Harry Kane (45)  dan Raheem Sterling (44), yang kesemuanya pemain Liga Inggris.

Gol Rashford sempat disamakan Allan Saint-Maximin. Pemain asal Prancis ini sebelumnya dua bulan absen akibat Covid-19. Saint-Maximin memaksimalkan sundulan tak terarah Harry Maguire saat menyapu bola. Pemain sayap Newcastle itu kembali mengancam pada awal babak kedua.

Namun arah permainan berubah saat Daniel James mengemas gol pada menit ke-57 untuk merestorasi keunggulan Setan Merah. Gol James memicu kepercayaan diri para pemain United. Gol pemain Wales ini adalah gol kelima musim ini, lebih banyak dari jumlah empat golnya di musim lalu. Gol ini dicetak hanya dalam 13 pertandingan musim ini, sebaliknya 4 gol musim lalu dilalui dalam 46 pertandingan

Setan Merah kemudian mendapat hadiah penalti pada menit ke-75 akibat Rashford dilanggar Joe Willock di kotak terlarang. Algojo United Bruno Fernandes tidak menyia-nyiakan peluang untuk mencetak gol dari titik putih. Gol itu pun menjadi gol ke-25  di Premier League atau gol ke-22 di seluruh kompetisi.


"Teruslah melaju. Anda harus tanpa henti. Musim ini aneh, tetapi Anda harus membangun kepercayaan diri. Kami harus pulih dengan baik dan saya yakin mereka akan melakukannya karena ketika Anda memenangkan pertandingan, Anda mendapatkan energi," kata Ole Solskjaer, pelatih United.

Solskjaer mengakui bahwa The Red Devils tidak bermain cukup oke di babak pertama meski unggul penguasaan bola. Selepas turun minum, United bisa lebih berbahaya untuk menuntaskan peluang. "Babak pertama, meskipun kami memiliki sebagian besar penguasaan bola, kami tidak cukup membahayakan. Kami meningkatkannya dan kami melakukannya di babak kedua," sambungnya.

Di musim ini United sudah mencetak 53 gol dari 25 pertandingan Premier League. Jumlah ini menjadi yang terbesar di Premier league karena City baru menghasilkan 50 gol, dan Liverpool hanya 45 poin dan terpuruk di posisi ke-6 klasemen. Produktivitas gol musim ini United hanya kalah dari pencapaian musim 2012-13 yang menghasilkan 60 gol, saat di mana terakhir kali United menjadi juara Liga Inggris.*mao

loading...

Komentar