nusabali

Gianyar Tetap Karantina OTG di Hotel

  • www.nusabali.com-gianyar-tetap-karantina-otg-di-hotel

GIANYAR, NusaBali
Pemerintah pusat sudah menyetop pembiayaan tempat karantina (isolasi) terintegrasi untuk orang tanpa gejala (OTG) di daerah.

Namun, Pemkab Gianyar akan tetap memberlakukan tempat karantina terpusat menggunakan anggaran APBD Gianyar 2021.


Sekda Gianyar Made Gede Wisnu Wijaya yang juga Ketua Harian Satgas Covid-19 Kabupaten Gianyar, Minggu (21/2), menyampaikan walaupun untuk pelaksanaan karantina OTG tidak lagi dibiayai Pemerintah Pusat, Gianyar dalam penanganan pandemi covid-19 tetap memberlakukan karantina terpusat. Selama mendapatkan dana dari pusat, karantina terpusat untuk OTG dilaksanakan di Hotel Suli dan Hotel Maxone Ubud. Setelah tidak di biayai Pemerintah Pusat, Pemkab Gianyar akan menggunakan anggaran APBD untuk mendanai karantina terpusat. "Dalam rapat sudah diputuskan Bupati untuk karantina terpusat dibiayai dari APBD Gianyar," tegasnya.

Lebih lanjut Wisnu Wijaya menyampaikan hanya saja karantina terintegrasi dengan anggaran APBD hanya di satu hotel yakni di Hotel Maxone. Hotel ini memiliki 47 kamar dengan 94 bed. Pemkab Gianyar memastikan tidak mengizinkan OTG untuk melaksanakan karantina mandiri di rumah.

Ketika ditanya kemungkinan jumlah OTG bertambah, Made Gede Wisnu Wijaya melihat trend penyebaran Covid-19 di Kabupaten Gianyar, OTG cukup ditampung dalam satu hotel. " Kalau terjadi overload, kami akan tambahkan lagi," ujarnya.

Namun, berapa angka APBD yang digunakan untuk karantina terintegrasi ini, Sekda Wisnu Wijaya mengaku masih harus berkoordinasi dengan OPD terkait. *nvi

Komentar