nusabali

Pasien Sembuh Tambah 115 Orang, Kasus Positif Tambah 171 Orang

Kasus Covid-19 di Kota Denpasar

  • www.nusabali.com-pasien-sembuh-tambah-115-orang-kasus-positif-tambah-171-orang

DENPASAR, NusaBali
Pasien positif Covid-19 di Kota Denpasar yang sembuh kembali mengalami peningkatan.

Dalam sehari, Jumat (19/2), kasus sembuh sebanyak 115 orang, kasus positif Covid-19 bertambah 171 orang, dan sebanyak 1 orang pasien dinyatakan meninggal dunia.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kota Denpasar I Dewa Gede Rai, mengatakan kasus positif saat ini meningkat sebanyak 171 orang, sedangkan kasus sembuh bertambah 115 orang, dan 1 pasien meninggal dunia. Menurut dia peningkatan kasus positif tersebut terjadi karena masyarakat masih lalai menerapkan protokol kesehatan (prokes) saat beraktivitas.

“Jangan mengurangi kewaspadaan, titik-titik lengah telah menyebabkan tingkat kasus Covid-19 di Denpasar meningkat drastis,” kata Dewa Rai, Jumat kemarin.

Sementara salah seorang pasien yang dinyatakan meninggal yakni seorang laki-laki usia 69 tahun yang berdomisili di Kelurahan Pemecutan. Pasien dinyatakan positif Covid-19 pada 11 Februari dan dinyatakan meninggal dunia pada 19 Februari 2021.

Dewa Rai mengatakan, berbagai upaya terus dilaksanakan guna mendukung upaya penurunan zona risiko, penurunan tingkat penularan, meningkatkan angka kesembuhan pasien, dan mencegah kematian.

Dewa Rai juga mengajak masyarakat untuk mengurangi mobilitas, dan menerapkan protokol kesehatan dengan ketat. Hal ini mengingat tren peningkatan kasus yang diiringi dengan menurunnya angka kesembuhan akan berpengaruh pada ketersediaan ruang isolasi dan perawatan.

“Mohon kepada masyarakat untuk melakukan prokes secara ketat, termasuk saat di rumah wajib menerapkan prokes yang ketat untuk meminimalisir klaster keluarga. Hal ini karena tingkat hunian isolasi dan ICU yang terus meningkat berpengaruh kepada kesediaan ruang rawat,” ucapnya.

Berdasarkan data, secara kumulatif kasus positif tercatat 9.803 kasus, angka kesembuhan pasien Covid-19 di Kota Denpasar mencapai angka 8.651 orang (88,24 persen), meninggal dunia sebanyak 181 orang (1,85 persen), dan kasus aktif yang masih dalam perawatan sebanyak 971 orang (9,91persen).

Melihat perkembangan kasus ini Dewa Rai kembali mengingatkan agar semua pihak ikut berpartisipasi mencegah penularan Covid-19.

“Hindari kerumunan, selalu kenakan masker, dan sesering mungkin mencuci tangan setelah melakukan aktivitas. Selain itu mari bersama terapkan 3M (menjaga jarak, menggunakan masker, dan mencuci tangan),” kata Dewa Rai. *mis

Komentar