nusabali

Pemasangan WiFi di Wilayah Samigita Batal

Direncanakan Triwulan II 2021 dengan Catatan Pariwisata Pulih

  • www.nusabali.com-pemasangan-wifi-di-wilayah-samigita-batal

MANGUPURA, NusaBali
Rencana pemasangan WiFi gratis di objek wisata Pantai Seminyak, Legian, dan Kuta (Samigita), Kecamatan Kuta, Badung, batal dilakukan, pada Januari 2021 lalu.

Pembatalan itu karena kondisi pariwisata belum menunjukkan geliat kebangkitan. Sehingga, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Badung, merancang ulang agar rencana tersebut terealisasi pada triwulan II atau pada April 2021 mendatang.

Kepala Diskominfo Kabupaten Badung I Gusti Ngurah Jaya Saputra, mengatakan dari rencana awal pemasangan WiFi di sepanjang Pantai Seminyak, Legian, dan Kuta (Samigita), direalisasikan pada Januari 2021. Namun, karena kondisi belum menunjukkan adanya perubahan, terutama di sektor pariwisata akibat pandemi Covid-19, sehingga rencana itu ditunda. “Sasaran pemasangan WiFi ini wisatawan dan juga pedagang di sepanjang kawasan pantai. Namun, kondisi pariwisata belum pulih, sehingga rencana pemasangan WiFi ditunda dulu,” kata Jaya Saputra, Kamis (18/2) sore.

Meski dibatalkan, progam pemasangan WiFi gratis tetap akan dijadwalkan ulang pada triwulan II atau pada April 2021 mendatang. Sebab, dari segi teknis perencanaan, sosialisasi ke masyarakat dan pengelola, sudah dilakukan. “Pada triwulan II itu dengan catatan sektor pariwisata sudah mulai pulih. Baru kita eksekusi,” tegas Jaya Saputra yang notabene mantan Camat Mengwi itu.

Seperti diketahui, Diskominfo Kabupaten Badung, mewacanakan memasang 200 jaringan WiFi gratis di sejumlah objek wisata. Dari hasil pemetaan yang dilakukan, yang paling pertama dilakukan pemasangan adalah wilayah Seminyak, Legian, dan Kuta (Samigita).

Sehubungan adanya rencana pemasangan WiFi di objek wisata Pantai Kuta, Bendesa Ada Kuta I Wayan Wasista, sangat mengapresiasi langkah dari Diskominfo Badung. Pihaknya siap melakukan pengawasan penuh terhadap fasilitas yang diharapkan bisa bermanfaat bagi masyarakat maupun wisatawan.

“Kami menyambut baik langkah itu. Ya, tentu kita siap berkolaborasi dalam hal penjagaan dan pengawasan alatnya. Bagaimanapun, pemasangan WiFi gratis ini akan menambah minat masyarakat maupun wisatawan untuk datang,” tutur Wasista. *dar

Komentar