nusabali

Bocoran Piala Menpora 2021, Bali United Main di Solo

  • www.nusabali.com-bocoran-piala-menpora-2021-bali-united-main-di-solo

DENPASAR, NusaBali.com
Akhirnya turnamen pramusim sekaligus sebagai test case kompetisi Liga 1 mendapatkan izin dari Polri, scenario pembagian grup turnamen yang diikuti tim Liga 1 dan Liga 2 itu pun sudah beredar sepanjang Kamis (18/2/2021).

Ada 20 tim yang berpartisipasi yang terbagi dalam empat grup di empat kota berbeda. Sebagai venue penyelenggara antara lain Solo, Bandung, Malang, dan Sleman. Sebelumnya Palembang juga sempat menjadi salah satu pilihan. 

Komposisi pembagian grup pun sempat dibikin dua skenario. Pada skenario 1 , Sleman masuk sebagai salah satu venue. Sedangkan skenario 2, kota Palembang muncul sebagai tuan rumah. Pemilihan lokasi tersebut didasarkan pada rekomendasi Polri yang menilai dari jumlah penderita Covid-19.

Bali United sendiri diplot di Grup A di Kota Solo. Bali United akan bersaing dengan PSM Makassar, Persita, Persela dan tuan rumah Bhayangkara Solo FC. Dengan demikian, skenario 2 Grup A diisi Bali United,  Persija, TIRA Persikabo, PSIS Semarang, dan tuan rumah Bhayangkara Solo FC tidak jadi dilaksanakan.

Pramusim Liga 1 dan 2 2021 yang digelar pada 20 Maret hingga 25 April 2021 diikuti 18 klub berasal dari kontestan Liga 1 2020. Mereka ialah Persija Jakarta, PS TIRA Persikabo, Persib Bandung, PSS Sleman, Bhayangkara FC, PSIS Semarang, Persiraja Banda Aceh, Persita Tangerang, Arema FC, Persik Kediri, Persela Lamongan, Persebaya Surabaya, PSM Makassar, Madura United FC, Bali United FC, Barito Putera, Borneo FC, dan Persipura Jayapura. Sementara dua klub dari Liga 2 adalah PSMS Medan dan Sriwiaya FC.  

Penambahan dua klub dari Liga 2 tersebut didasarkan pada asas prestasi dan sporting merit di Liga 2 2019. Masing-masing grup dihuni lima tim. Tim yang menjadi juara dan runner-up grup berhak lolos ke perempatfinal. Babak perempatfinal hingga final akan memainkan format sistem gugur dengan single match. Jika nantinya laga berakhir imbang akan dimainkan babak ekstra time hingga adu penalti. 

“Kenapa harus turnamen? Kenapa tidak langsung kompetisi? Hasil pertemuan klub Liga 1 dan 2 disepakati kompetisi ini digelar setelah Idul Fitri. Karena itu, untuk mengisi kekosongan dilakukan turnamen prakompetisi,” ujar ketua umum PSSI, Mochamad Iriawan, dalam pertemuan virtual dengan stakeholder sepakbola, Kamis (18/2/2021).

“Turnamen prakompetisi ini diharapkan menjadi persiapan menuju SOP disiplin protokol kesehatan karena ini belum pernah, sehingga ini harus dilakukan sebelum kompetisi bergulir,” sambung Iriawan.*

Berikut pembagian Grup turnamen Piala Menpora 2021:

Grup A (Solo): 
Bali United, PSM Makassar, tuan rumah Bhayangkara Solo FC, Persita Tangerang dan Persela Lamongan.

Grup B (Bandung): 
Persib Bandung, Madura United, Borneo FC, Persebaya Surabaya dan Persik Kediri.

Grup C (Sleman): 
Persija Jakarta, PSS Sleman, Persipura Jayapura, Persiraja dan PSMS Medan.

Grup D (Malang): 
Arema FC PSIS Semarang, Barito Putera, PS TIRA-Persikabo dan Sriwijaya FC.

Komentar