nusabali

Guru TK Diwajibkan Buat Video Pembelajaran

  • www.nusabali.com-guru-tk-diwajibkan-buat-video-pembelajaran

AMLAPURA, NusaBali
Ikatan Narasumber dan Instruktur Nasional Taman Kanak-Kanak (NSIN TK) Korwil Bali menggelar pelatihan pemanfaatan rumah belajar dan pembuatan video pembelajaran berbasis smartphone secara virtual, Rabu (17/2).

Pelatihan virtual ini diikuti 45 guru TK se-Bali. Setiap peserta wajib membuat satu video pembelajaran sebagai panduan belajar secara daring.

Sekretaris Ikatan NSIN TK Korwil Bali I Dewa Ayu Anom Pratiwi mengatakan, peserta pelatihan sebanyak 45 guru TK se-Bali dan melibatkan 5 guru pendamping. Masing-masing Nurul Asmi Hudayah dari TK Bakti 2 Denpasar, I Dewa Ayu Anom Pratiwi dari TK Negeri Pembina Karangasem, Wayan Leniasih dari TK Indra Prasta Kuta, Badung, I Wayan Redana dari TK Tunas Kartini Kecamatan Abang, Karangasem, dan Ni Ketut Wahyuni dari TK Universal Denpasar.

Anom Pratiwi menambahkan, setiap tema pembelajaran bisa divideokan. Contohnya, tema pembelajaran tentang rekreasi mengenal pantai. Maka dalam video diperkenalkan alat-alat yang dibutuhkan ke pantai, pakaian renang, pelampung, dan perlengkapan lainnya. Dalam video diterangkan cara menggunakan fasilitas rekreasi dan hal-hal yang perlu diantisipasi selama di pantai. “Sehingga anak-anak TK paham alat-alat yang diperlukan jika rekreasi dan mandi di pantai,” kata Anom Pratiwi.

Tema video bisa disesuaikan dan dipilih oleh guru TK. Tujuannya untuk memudahkan siswa memahami materi yang diperkenalkan. “Durasi video sekitar 5-6 menit, agar anak-anak tidak bosan menonton video,” sarannya. Sebagai narasumber dari Ikatan NSIN TK adalah Ketua Umum Ikatan NSIN TK Pusat Rita Nurunisa. Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Karangasem I Gusti Ngurah Kartika mengapresiasi inovasi guru TK di tengah pandemi Covid-19 melalui pembuatan video pembelajaran. “Kami apresiasi inovasi guru TK membuat video pembelajaran,” kata I Gusti Ngurah Kartika. *k16

Komentar