nusabali

Tiang Listrik Roboh ke Jalan, Lalin Bangli–Gianyar Macet

  • www.nusabali.com-tiang-listrik-roboh-ke-jalan-lalin-bangli-gianyar-macet

Hujan deras disertai angin kencang yang mengguyur kota Bangli dan kawasan sekitar, Rabu (23/11) sekitar pukul 16.30 Wita, mengakibatkan sejumlah kerusakan.

BANGLI, NusaBali
Salah satunya, robohnya tiang listrik di jalur Bangli – Gianyar, tepatnya di jalan raya Banjar Petak, Kelurahan Bebalang, Kecamatan Bangli. Akibatnya arus lalu lintas (lalin) dari utara dari kota Bangli dan arus lalin dari selatan dari arah Gianyar sempat macet sekitar 1,5 jam.

Kejadian berawal turunnya hujan lebat disertai angin kencang sekitar pukul 16.00 Wita.  Hal itu mengakibatkan pepohonan bergoyang keras.Tak hanya pohon, tiang listrik di pinggir jalan raya di kawasan Banjar Petak, roboh. Selain karena terjangan angin, robohnya tiang listrik tersebut disebabkan tanah tempat tiang listrik tersebut berdiri  tergerus banjir. “Karena tiang tersebut dipasang dekat gorong-gorong,” ujar seorang warga.

Robohnya tiang listrik tersebut nyaris memakan korban. Karena saat tiang listrik tumbang, ada pengendara motor berboncengan yang melintas. “Nyaris saja orang tersebut tertimpa,” ujar I Made Sujana, warga lainnya. Namun beruntung, pengendara motor tersebut luput, walau sempat terjatuh karena terkejut mendengar suara robohnya tiang listrik tersebut. Warga sekitar mengira ada kecelakaan lalu lintas. Ketika warga berhamburan ke jalan, mereka mendapati tiang listrik tumbang melintang di jalan (membentang barat–timur, Red). Bagian pangkal tiang patah. Jaringan kabel juga melintang di jalanan. Tak hanya tiang, rambu lalin yang terpasang tidak jauh dari tiang listrik juga roboh.

Robohnya tiang listrik tersebut mengakibatkan aliran listrik di sekitar padam. “Sementara kami lokalisir dulu,” ujar Supervisor Jaringan PLN Wilayah Bangli Dedi Nuriyawan di sela-sela kesibukan petugas PLN, dan aparat keamanan TNI/ Polri dan warga menyingkirkan tiang tumbang tersebut. Dikatakan, tiang tersebut dipindahkan dari jalanan, sehingga arus lalin tak macet. “Setelah itu baru kami sambungkan jaringan,” kata Dedi Nuriyawan.

Dari pantauan, belasan petugas Polsek Bangli diback-up Polres Bangli, membantu mengalihkan arus lalin, untuk menghindari tumpukan kemacetan. Arus lalin dari kota Bangli, dialihkan ke barat di perempatan Bebelang, terus melewati jalur Banjar Pulung, Banjar Sidawa, tembus ruas jalan Tamanbali, menuju Gianyar. Demikian juga arus lalin dari selatan menuju kota Bangli, dialihkan lewat Sidawa, Banjar Pulung dan Bebalang, terus masuk kota Bangli.

Kapolsek Bangli Kompol I Dewa Gede Mahaputra, terlihat memantau pemindahan tiang listrik yang roboh tersebut sekaligus memantau pengalihan arus lalin. “Sementara masih menunggu ini (tiang listrik) dibersihkan. Arus lalin kami alihkan dulu,” ujar Kompol Dewa Mahaputra. * k17

Komentar