nusabali

Pasangan Giri Prasta dan Suiasa Jalani Upacara Mejaya-Jaya

Dipuput Ida Pedanda Ketut Timbul dari Griya Gede Kawi Sunia Timbul Mengwi

  • www.nusabali.com-pasangan-giri-prasta-dan-suiasa-jalani-upacara-mejaya-jaya

MANGUPURA, NusaBali
Bupati dan Wakil Bupati Badung terpilih, I Nyoman Giri Prasta dan I Ketut Suiasa, mengikuti prosesi upacara mejaya-jaya beserta istri masing-masing yakni Ny Seniasih Giri Prasta dan Ny Kristiani Suiasa di Pura Lingga Bhuana, Puspem Badung, bertepatan dengan rahina Buda Cemeng Ukir, Rabu (17/2).

Upacara mejaya-jaya ini merupakan serangkaian acara pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Badung, yang rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 26 Februari mendatang. Prosesi upacara mejaya-jaya Bupati dan Wakil Bupati Badung terpilih dipuput oleh Ida Pedanda Ketut Timbul dari Griya Gede Kawi Sunia Timbul Mengwi, dengan menggunakan dasar sarana banten pulagembal. Acara turut dihadiri oleh Sekda Badung I Wayan Adi Arnawa, yang kini ditunjuk menjadi Plh Bupati Badung. Kemudian, Ketua Fraksi PDIP DPRD Badung AA Anom Gumanti, Kadis Kebudayaan Gde Eka Sudarwitha, Kepala BKPSDM Gede Wijaya, Kasatpol PP IGAK Suryanegara, Kabag  Pemerintahan Dewa Gede Sudirawan, Kabag Humas Made Suardita, Kabag Umum Nyoman Artaka dan Ketua MDA Badung AA Putu Sutarja.

Bupati Badung terpilih I Nyoman Giri Prasta, mengatakan upacara mejaya-jaya bertujuan untuk membersihkan pengaruh-pengaruh negatif dalam diri seorang calon pemimpin, agar mendapatkan kesucian jasmani maupun rohani, dalam mengemban tugas melayani dan mensejahterakan masyarakat. Upacara mejaya-jaya difasilitasi oleh Dinas Kebudayaan Kabupaten Badung sebagai salah satu rangkaian dari acara pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Badung periode kedua.

“Berkenaan dengan pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Badung terpilih, maka hari ini Buda Cemeng Ukir, kami pasangan Nyoman Giri Prasta dan Ketut Suiasa, melaksanakan upacara mejaya-jaya. Upacara ini sudah dipersiapkan oleh Dinas Kebudayaan Kabupaten Badung berdasarkan padewasan (hari baik, Red). Sambil kami menunggu acara pelantikan yang rencananya akan dilaksanakan pada 26 Februari 2021,” ujar Giri Prasta.

Giri Prasta melanjutkan pada periode kedua nanti akan fokus dalam membangkitkan perekonomian di Kabupaten Badung, dengan selalu melakukan koordinasi secara internal maupun dengan pemerintah pusat untuk menumbuhkembangkan ekonomi makro masyarakat Badung. “Persoalan darurat pandemi dan darurat ekonomi merupakan dua hal yang menjadi fokus kami. Selain itu, kami juga berkomitmen menyediakan vaksin gratis untuk masyarakat Badung,” tegasnya.

Setelah melaksanakan upacara mejaya-jaya, kegiatan dilanjutkan dengan melaksanakan Penyerahan Memori Akhir Masa Jabatan Bupati Badung periode tahun 2016-2021, oleh Nyoman Giri Prasta kepada Wayan Adi Arnawa selaku Plh Bupati Badung. Penyerahan ini disaksikan oleh Ketua DPRD Badung Putu Parwata bertempat di Ruang Tamu Bupati Badung. Kegiatan juga dihadiri oleh Plt Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat I Gede Wijaya, Plt Asisten Perekonomian dan Pembangunan AA Bayu Kumara, Asisten Administrasi Umum Cok Raka Darmawan, Inspektur Luh Suryaniti, Kepala Bappeda I Made Wira Darmajaya dan Sekwan Badung I Gusti Agung Made Wardika. *

Komentar