nusabali

Karangasem Diterjang 18 Positif Covid-19

  • www.nusabali.com-karangasem-diterjang-18-positif-covid-19

AMLAPURA, NusaBali
Karangasem kembali diterjang 18 kasus baru Covid-19, Selasa (16/7). Jumlah kasus tertinggi sejak awal Januari 2021.

Penambahan 18 kasus baru tersebar di tujuh kecamatan, terbanyak Kecamatan Karangasem dengan 7 kasus.  Koordinator Bidang Kesehatan GTPP (Gugus Tugas Percepatan Penanganan) Covid-19 Karangasem, I Gusti Bagus Putra Pertama, menyebutkan penambahan kasus di Kecamatan Abang sebanyak 2 kasus, Kecamatan Bebandem 1 kasus, Kecamatan Karangasem 7 kasus, Kecamatan Kubu 1 kasus, Kecamatan Manggis 2 kasus, Kecamatan Rendang 2 kasus, dan Kecamatan Selat 3 kasus. Tambahan kasus terbanyak di Kecamatan Karangasem yakni Kelurahan Subagan dengan 3 kasus. “Kelurahan Subagan masuk zona merah,” ungkap I Gusti Bagus Putra Pertama.

Sebelumnya kasus tertinggi di Kabupaten Karangasem terjadi pada Jumat (5/2) dengan 13 kasus. Sehingga dengan penambahan 18 kasus baru, akumulasi positif Covid-19 di Karangasem mencapai 1.367 orang. Diimbangi pasien sembuh sebanyak 8 orang, masing-masing Kecamatan Abang sebanyak 1 orang, Kecamatan Karangasem 5 orang, Kecamatan Manggis 2 orang. Total sembuh mencapai 1.223 orang dan yang masih menjalani perawatan sebanyak 80 orang. “Mudah-mudahan setelah seluruh warga ikut vaksinasi Covid-19, kasus bisa reda dan Karangasem masuk zona hijau,” harap I Gusti Bagus Putra Pertama yang juga Kadis Kesehatan.

Selain jumlah kasus positif yang naik, kematian akibat Covid-19 juga meningkat. Akumulasi kasus meninggal sebanyak 64 orang. Korban meninggal kebanyakan usia lanjut dan disertai penyakit bawaan. Terpisah, Lurah Subagan, Ida Ketut Putra mengaku telah berkoordinasi dengan petugas surveilans Puskesmas Karangasem I untuk melakukan tracing. “Yang kontak erat agar menjalani tes swab PCR,” kata Ida Ketut Putra Koordinator Surveilans I Gusti Ayu Nyoman Sumiati mengaku berupaya mengoptimalkan tracing untuk mendata warga yang sempat kontak erat dengan yang terkonfirmasi Covid-19. “Kami mendatangi keluarga dan mendatangi yang sempat mengantar pasien ke rumah sakit,” ungkap I Gusti Ayu Nyoman Sumiati. *k16

Komentar