nusabali

Bupati Giri Prasta Hadiri Pelebon Alm IB Sunartha

  • www.nusabali.com-bupati-giri-prasta-hadiri-pelebon-alm-ib-sunartha

MANGUPURA, NusaBali
Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta, menghadiri pelebon Almarhum Ida Bagus Made Sunartha, anggota DPRD Badung, sekaligus juga Bendesa Adat Sangeh, yang tutup usia menjelang 63 tahun, Kamis (21/1) lalu.

Pelebon dilaksanakan pada Anggara Pon Ukir, Selasa (16/2) di Setra Desa Adat Sangeh, Kecamatan Abiansemal. Berada dalam situasi pandemi Covid-19, terlebih Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), panitia tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes) yang ketat sesuai arahan pemerintah.

Selain Bupati Giri Prasta, tampak juga ikut menghadiri prosesi pelebon antara lain Wabup I Ketut Suiasa, Ketua DPRD Badung Putu Parwata beserta sejumlah anggota Dewan Badung. Upacara mengantar jenazah ke setra dilaksanakan pukul 12.10 Wita. Iring-iringan pelebon diawali dengan mengusung lembu hitam ke setra dengan melibatkan krama Banjar Muluk Babi, maksimal 50 orang. Selang 10 menit kemudian baru dilaksanakan prosesi mengusung jenasah dari bale adat untuk dibawa ke jaba Griya Sari, kemudian diletakkan sebuah bade.

Untuk penghormatan terakhir, Bupati Giri Prasta, juga ikut mengangkat jenazah dari bale adat menuju wadah. Sesampainya di setra segenap anggota DPRD Badung yang hadir bersama Wabup Suiasa, juga melakukan doa bersama, mendoakan kepergian almarhum, semoga dapat menyatu dengan Tuhan.

Adapun rangkaian upacara pelebon ini sebelumnya telah didahului dengan upacara nyiramang pada Kamis (11/2), upacara mesesalin pada Sabtu (13/2), dan Minggu (14/2) menendak toya ening, ngereka kajang, melaspas kajang, dan munggah pengaskaran, ngilenang pamerasan dan ngrereh toya penembak. Puncak karya pelebon dilaksanakan pada Selasa (16/2). “Setelah karya palebon, akan dilanjutkan karya nyekah yang akan dilaksanakan pada Redite Kliwon Tolu, Minggu (28/2) mendatang,” kata Bupati Giri Prasta.

Untuk diketahui Alm IB Sunartha meninggal pada 21 Januari 2021, karena sakit (serangan jantung). Beliau dikenal luas sebagai anggota dewan yang sangat ramah, baik dan sabar. Selain menjadi anggota DPRD Kabupaten Badung, alm IB Sunartha juga mengabdi sebagai Bandesa Adat Sangeh. Kecintaan beliau pada olahraga, seni dan pariwisata bisa dilihat dari bagaimana transformasi Desa Sangeh 10 tahun terakhir. Politisi PDI Perjuangan ini juga dikenal sebagai mentor bagi rekan-rekannya yang masih muda. *ind

Komentar