nusabali

Masa Jabatan Bupati Berakhir, Sekda Bangli Jadi Pelaksana Harian

  • www.nusabali.com-masa-jabatan-bupati-berakhir-sekda-bangli-jadi-pelaksana-harian

BANGLI, NusaBali
Masa jabatan Bupati Bangli I Made Gianyar berakhir pada Rabu (17/2).

Sementara itu rencana pelantikan Bupati dan Wakil Bupati terpilih pada Pilkada Bangli 2020, Sang Nyoman Sedana Arta dan I Wayan Diar, diundur. Karenanya, untuk sementara jabatan bupati akan diisi pelaksana hari (Plh).

Kepala Bagian Tata Pemerintahan Setda Bangli AA Bintang Ari Sutari, mengatakan untuk pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Bangli terpilih diagendakan akhir Februari. Kekosongan jabatan akan diisi Plh. “Pelaksana harian Bapak Sekda IB Giri Putra. SK Plh diserahkan olah Gubernur,” kata AA Ari Sutari, Selasa (16/2).

Menurut dia, Rabu pagi ini akan dilaksanakan serah terima jabatan. Di tengah pandemi Covid-19, serah terima jabatan dilangsungkan secara terbatas. “Serah terima jabatan diagendakan dihadiri Forkompinda, Ketua KPU, Bawaslu, beberapa pimpinan OPD, serta Ketua Forum Komunikasi Perbekel,” imbuhnya.

Di sisi lain, Bupati Bangli I Made Gianyar sudah menjabat selama dua periode. Di akhir masa jabatannya tersebut, dia menyampaikan permohonan maaf dalam menjalankan tugas tidak luput dari kekurangan.

“Selama menjabat tentu banyak kekurangan karena keterbatasan waktu, kewenangan, anggaran, dan kemampuan dalam menjalankan roda pemerintahan,” ucap Made Gianyar.

Bupati asal Desa Bunutin, Kecamatan Kintamani, ini mengatakan hubungan struktural, birokrasi, jabatan berbatas waktu, tapi hubungan persaudaraan, kekerabatan akan berjalan sepanjang masa. Pihaknya berharap hubungan silaturahmi akan tetap berjalan.

Karena situasi pandemi Covid-19 dan karena keterbatasan informasi, Made Gianyar tidak dapat menyapa seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) Bangli. Melalui Sekda, Wakil Bupati yang merupakan Bupati Bangli terpilih, serta pimpinan OPD, dia menitip salam untuk ASN di Bangli.

Made Gianyar mengaku akan kembali ke habitat lama sebagai pengajar dan belajar di FH Universitas Warmadewa (Unwar) serta habitat dasar dan sejati sebagai petani. “Saya akan kembali mengajar, dan juga melanjutkan studi,” ujarnya. *esa

Komentar