nusabali

Vaksinasi Mandiri Mulai Maret, Pakai Merk di Luar Sinovac

  • www.nusabali.com-vaksinasi-mandiri-mulai-maret-pakai-merk-di-luar-sinovac

DENPASAR, NusaBali.com
Vaksinasi mandiri yang digagas untuk percepatan vaksinasi di Indonesia diperkirakan akan mulai dilaksanakan bulan Maret 2021.

Rancangan ini diungkapkan oleh Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) yang juga Wakil Ketua PEN, Rosan P Roeslani, saat berada di Denpasar, Kamis (11/2/2021).

Rosan menjelaskan, vaksinasi mandiri atau vaksin gotong royong adalah program yang sedang didorong untuk percepatan pencapaian kekebalan komunitas atau herd immunity. Sehingga diharapkan dapat mempercepat pemulihan ekonomi, termasuk di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

"Dapat saya sampaikan regulasinya akan selesai pada minggu ke-3 bulan Februari 2021. Itu hasil meeting kita dengan pemerintah. Harapannya setelah ada regulasi dan payung hukum, program ini bisa berjalan di bulan Maret 2021," kata Rosan.

Ia menjelaskan, dalam vaksin gotong royong nantinya tidak akan menggunakan vaksin yang sama dengan yang digunakan dalam program vaksinasi gratis oleh pemerintah. Arahannya adalah seperti Sinopharm, Moderna, Sputnik, atau Johnson & Johnson. "Jadi di tahap awal ini bukan eksportasi langsung, melainkan melalui Biofarma," kata Rosan.

Sebagaimana diketahui, vaksin yang saat ini sedang dijalankan oleh pemerintah adalah Sinovac buatan China.Hingga saat ini 2.000 perusahaan sudah mendaftar dalam program vaksinasi mandiri yang dikoordinasi Kadin. Mulai dari perusahaan besar hingga UMKM. 

"Data-data pembelinya nanti akan kita integrasikan dengan BPJS Ketenagakerjaan juga Telkom, jadi semuanya satu data sehingga tidak ada duplikasi dari penerima vaksin. Tapi saya sampaikan, sesuai arahan pemerintah, perusahaan yang membeli vaksin ini harus memberikan kepada karyawannya secara gratis. Tidak ada pemotongan apapun," kata Rosan.*ant

Komentar