nusabali

HUT ke-60 Korem Wira Satya, Gelar Donor Darah Plasma Konvalesen

  • www.nusabali.com-hut-ke-60-korem-wira-satya-gelar-donor-darah-plasma-konvalesen

NEGARA, NusaBali
Kodim 1617/Jembrana menggelar donor darah di Gedung Auditorium Jembrana, Selasa (9/2).

Kegiatan yang diikuti jajaran Polri, Pemkab Jembrana hingga masyarakat umum ini, diisi pelaksanaan donor darah plasma konvalesen. Kegiatan serangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-60 Korem 163/Wira Satya.

Kegiatan donor darah plasma konvalesen yang baru pertamakali digelar di Jembrana ini, dihadiri Bupati Jembrana I Putu Artha, Dandim 1617/Jembrana, Letkol Inf Hasrifuddin Haruna beserta sejumlah jajaran Forkopimda Jembrana. Ada 40 penyintas Covid-19 yang disiapkan mengikuti donor darah plasma konvalesen ini. Namun hanya 2 orang yang dinyatakan lolos dari hasil pemeriksaan kesehatan sehingga layak mengikuti donor darah plasma konvalesen ini.

Dandim 1617/Jembrana Letkol Inf Hasrifuddin Haruna menyampaikan, bahwa kegiatan donor darah sudah menjadi agenda rutin. Namun untuk donor plasma konvalesen ini  merupakan donor yang pertama kali dilakukan di Jembrana. “Ini dilakukan sebagai upaya membantu kesembuhan pasien Covid-19. Salah satu metode pengobatan yang dianggap efektif adalah terapi plasma konvalesen,” ujarnya.

Menurut Letkol Inf Hasrifuddin Haruna, plasma konvalesen adalah plasma darah yang diambil dari pasien Covid-19 yang telah sembuh. Kemudian diproses, dan ditransfusikan kepada pasien Covid-19 dengan gejala berat. “Terapi plasma konvalesen dalam hal Covid-19 acuannya adalah penyintas diharapkan sudah membentuk antibodi. Terapi plasma konvalesen diberikan dengan cara mengambil plasma darah yang mengandung antibodi, kemudian ditransfusikan kepada pasien yang membutuhkan,” ucapnya.

Bupati Jembrana I Putu Artha mengapresiasi pelaksanaan kegiatan donor darah konvalesen dalam rangkaa HUT ke-60 Korem 163/ Wira Satya. Kegiatan ini, merupakan kegiatan yang sangat mulia. “Semoga akan semakin banyak pasien yang sembuh dengan terapi ini, dan angka kematian covid-19 semakin berkurang. Saya berharap kegiatan seperti ini bisa terus dilanjutkan serta ditingkatkan lagi,” ujarnya.

Bupati Artha mengajak kepada para penyintas Covid-19 di Jembrana, untuk melakukan donor darah plasma konvalesen. “Selain dengan pemberian vaksin, ini juga merupakan salah satu langkah kita dalam melakukan penyembuhan kepada pasien Covid-19. Utamanya pasien yang bergejala berat. Untuk itu, kepada masyarakat penyintas Covid-19 lainnya, saya minta berpartisipasi, yang dilanjutkan juga dengan upaya penyadaran kepada masyarakat agar lebih memahami upaya-upaya pencegahan Covid-19,” ucapnya. *ode

Komentar