nusabali

IPA Jalin Kerjasama dengan Kampus

Tingkatkan Daya Tarik Pastry

  • www.nusabali.com-ipa-jalin-kerjasama-dengan-kampus

DENPASAR,NusaBali
Indonesian Pastry Alliance (IPA) siap mengukuhkan organisasinya dengan pembentukan IPA di Surabaya.

Hal tersebut menyusul pengukuhan IPA Bali, Sabtu (6/2). Sedang di Bali  IPA menjalin kerjasama dengan kalangan kampus untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dalam bidang pastry dan pariwisata.

Tujuannya tak sebatas  transfer pengetahuan tentang dunia pastry, namun mendorong pariwisata Bali lebih maju, dari sisi pastry. Setidaknya 6 kampus, termasuk diantaranya sekolah kejuruan yang sudah menjalin kerjasama tersebut.

Menurut Ketua DPD IPA Bali  Gede Agus Susanta kerjasama kampus diantaranya dilakukan dengan Politeknik Pariwisata Bali, dan kampus-kampus studi pariwisata lainnya termasuk SMK .

“Pastry merupakan unsur yang vital dalam pariwisata,” ujar  pria asal Tabanan ini. Karenanya pastry tak sekadar bicara soal kue atau bakery.Tetapi juga menyangkut citra dan nilai pariwisata itu sendiri.

Contohnya dalam persiapan dan  penyajian breakfast, mesti benar- benar professional. Pemahaman profesionalisme seperti penyajian breakfast dimana ada pastry sebagai elemen didalamnya harus ditingkatkan.

Sehubungan itu IPA Bali tengah mempersiapkan semacam event kolaborasi untuk pendalaman dunia pastry lebih lanjut. Tidak saja untuk eksternal, tetapi juga bagi anggota yang punya produk UMKM.

" Rencananya bulan April kami laksanakan," ucap Agus Susanta. Termasuk nanti mendorong pembuatan dan penyajian produk pastry menggunakan produk maupun bahan-bahan lokal. Itu akan memberi nilai tambah lebih dan berdampak positif bagi produksi (pertanian) untuk pengadaan bahan baku pastry.

Pengukuhan DPD IPA Bali dilaksanakan President IPA Chef Rahmat Kusnaedi, Sabtu (6/2) di Nusa Dua, Kuta Selatan Badung. IPA Bali mewilayahi IPA untuk kawasan Indonesia bagian timur. Persisnya mulai dari Jawa Timur, Bali, NTB dan wilayah Indonesia kawasan timur lainnya. *K17

Komentar