nusabali

2 Desa di Tabanan Berstatus Zona Merah

  • www.nusabali.com-2-desa-di-tabanan-berstatus-zona-merah

Desa yang berstatus zona merah ini karena terjadi peningkatan kasus secara terus-menerus sesuai dengan instruksi Mendagri.

TABANAN, NusaBali

Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berskala mikro di Tabanan dimulai Selasa (9/2) ini. Dalam PPKM berskala mikro ini, desa menjadi prioritas pembantu dalam menekan angka kasus Covid-19. Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Tabanan sudah mendata kondisi sebaran kasus.  Hasilnya, dari 133 desa di Tabanan, 2 desa masuk zona merah Covid-19 Tabanan.

Dua desa tersebut yakni Desa Dauh Peken, Kecamatan Tabanan, dan Desa Banjar Anyar, Kecamatan Kediri. Dasar dua desa ini masuk zona merah karena terjadi peningkatan kasus secara terus-menerus. Sesuai instruksi Mendagri Nomor 03 Tahun 2021 tentang Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Berbasis Mikro Pembentukan Posko Penanganan Corona di Tingkat Desa dan Kelurahan Untuk Pengendalian Corona, kriteria desa zona merah terdapat dari 10 rumah dengan kasus positif dalam 1 RT selama 7 hari terakhir.

Sekretaris Satgas Covid-19 Tabanan sekaligus Sekda Tabanan I Gede Susila menegaskan, PPKM berskala mikro dimulai Selasa (9/2) ini sampai 22 Februari 2021. Pada PPKM mikro ini sesuai dengan instruksi Mendagri, desa atau desa adat menjadi pembantu dalam pengendalian pencegahan virus Covid-19. "Pada intinya PPKM masih berlanjut. Tambahannya, kami mengawasi ketat desa yang memiliki status zona merah," jelasnya.

Dari hasil rapat koordinasi dengan seluruh Tim Satgas Covid-19 di Tabanan, ada 2 desa yang memiliki status zona merah hasil dari pemetaan. Desa yang berstatus zona merah ini karena terjadi peningkatan kasus secara terus-menerus sesuai dengan instruksi Mendagri pada point 2. Dalam instruksi Mendagri sudah diatur kategori desa yang status zona hijau, kuning, orange, dan merah. "Di Tabanan ada 2 desa yang status zona merah, " tegasnya.

Khusus desa yang masuk zona merah, jelas Sekda Susila, akan lebih diback up oleh satgas kabupaten agar penyebaran kasus tidak lagi meluas. Termasuk yang masuk zona orange dan kuning, tetap menjadi atensi. “Kami sudah teruskan ke para camat agar bisa ditindaklanjuti dalam hal pengawasan bersama. Dengan harapan, kasus Covid-19 di Tabanan bisa turun jika perlu semua desa masuk zona hijau,” harapnya.

Desa yang masuk zona orange terdata 6 desa yakni, Desa Nyambu di Kecamatan Kediri, Desa Samsam di Kecamatan Kerambitan, Desa Bongan, Desa Gubug, Desa Dajan Peken, dan Desa Delod di Kecamatan Tabanan. Zona kuning ada 53 desa, dan sisanya atau 72 desa masuk zona hijau. Desa yang masuk zona hijau sebagian besar ada di Kecamatan Pupuan. *des

Komentar