nusabali

Menunggu 18 Tahun, Manchester City Hancurkan Liverpool di Anfield

  • www.nusabali.com-menunggu-18-tahun-manchester-city-hancurkan-liverpool-di-anfield

LIVERPOOL, NusaBali.com
Pep Guardiola mengaku bangga Manchester City akhirnya mampu mematahkan keangkeran Anfield setelah 18 tahun lamanya, seusai menang 4-1 atas Liverpool dalam lanjutan Liga Inggris, Minggu (7/2/2021).

Hasil itu jadi kemenangan pertama City di Anfield, setelah terakhir kali mereka merasakannya pada 2003 silam. "Yang terpenting tetaplah tiga poin. Tetapi tentu saja saya bangga dengan para pemain yang mematahkan rekor buruk sekian lama, semoga saja kami bisa melakukannya lagi ketika tribun penonton terisi," kata Guardiola.

"Anfield tanpa penonton sungguh berbeda, sebab saya bisa membayangkan ketika mereka menyamakan kedudukan 1-1 dan bagaimana pengaruh suporter terhadap para pemain Liverpool saat itu," ujarnya menambahkan. Kemenangan itu menjadi respons paling sempurna bagi tim besutan Pep Guardiola, di tengah kegagalan tim-tim empat besar, termasuk Liverpool yang mereka hantam, meraih poin penuh pekan ini.

Rival sekota City Manchester United misalnya, tim besutan Ole Gunnar Solskjaer itu jadi korban gol dramatis Dominic Calvert-Lewin saat ditahan imbang Everton 3-3 di Old Trafford pada Sabtu waktu setempat. Hasil imbang juga dialami oleh Leicester City yang cuma main dengan skor kacamata saat bertandang ke markas Wolverhampton pada Minggu (7/2/2021).  Hasil-hasil itu membuat City yang sudah mengumpulkan 50 poin semakin mantap di puncak klasemen, unggul lima poin atas MU (45), enam poin atas Leicester (43) dan 10 poin dari Liverpool (40).

Kemenangan City berkat kontribusi dua gol Ilkay Gundogan. Setelah eksekusi penalti di babak pertama melambung, gelandang asal Jerman itu menebusnya dengan membawa City unggul empat menit memasuki babak kedua sebelum diimbangi oleh Liverpool melalui penalti Mohamed Salah.

Namun, dua blunder kiper Alisson Becker seperti durian runtuh yang dimanfaatkan Gundogan dan Raheem Sterling, sebelum Phil Foden menutup penampilan gemilangnya dengan gol indah pengunci kemenangan 4-1. "Kami bereaksi sangat bagus, tak satu pun pemain kami menurunkan level permainan, mereka meningkat dengan karakter luar biasa. Raheem Sterling seperti musim lalu tampil gemilang, tetapi lebih fenomenal lagi," kata Guardiola.

"Komitmen para pemain yang ada di bangku cadangan juga terlihat ketika mereka menyemangati rekan-rekannya. Tiga poin penting dan saya sangat bersyukur, tetapi besok kami kembali menapaki bumi bersiap menghadapi Swansea," pungkasnya.

City menyambangi kandang tim strata kedua Swansea City untuk laga putaran kelima Piala FA pada Rabu (10/2/2021). Selanjutnya akan menjamu Tottenham Hotspur di Etihad pada Sabtu (13/2/2021).*ant

Komentar