nusabali

Sebaran Abu Vulkanik Gunung Raung Capai Jembrana

  • www.nusabali.com-sebaran-abu-vulkanik-gunung-raung-capai-jembrana

NEGARA, NusaBali
Abu vulkanik akibat erupsi Gunung Raung di Jawa Timur, ternyata menyebar hingga di Jembrana.

Sebaran debu ini dirasakan sejumlah warga di Kabupaten Jembrana bagian barat. Meski tidak begitu tebal, sebaran abu vulkanik yang terbawa angin itu ditemukan menempel di teras dan dedaunan sekitar halaman rumah warga.

Seperti yang dirasakan sejumlah warga di Lingkungan Pangkung Manggis, Kelurahan Baler Bale Agung, Kecamatan Negara, Jembrana. Warga di salah satu wilayah dataran tinggi di Jembrana ini menyadari keberadaan abu vulkanik yang menempel di sekitar rumah mereka, Minggu (7/2) pagi.

“Awalnya tidak sadar kalau itu abu vulkanik. Sempat nyapu di teras, lihat ada debu hitam. Baru tadi ada informasi, kalau abu Gunung Raung dikabarkan sampai ke Jembrana, saya cek di dedaunan sekitar rumah. Ternyata juga ada debu-debu hitam itu. Memang agak tipis, tetapi warnanya jelas berbeda dari debu biasa,” ucap Gusti Ngurah Ady Widya Pratama,22.

Selain di rumahnya, tempelan abu vulkanik itu, juga ditemukan menempel di beberapa rumah warga lainnya. Keberadaan abu vulkanik tersebut, tidak begitu mengganggu. Tetapi dirinya khawatir sebaran abu vulkanik itu, dapat mengganggu kesehatan sehingga tetap berusaha memakai masker.

Kepala Stasiun Klimatologi Kelas II Kabupaten Jembrana Agit Setioko, saat dikonfirmasi Minggu kemarin, mengatakan sementara belum ada menerima laporan masyarakat terkait sebaran abu vulkanik dari erupsi Gunung Raung itu. Begitu juga dari pemantau satelit di Jembrana, belum dapat mendeteksi secara pasti adanya pergerakan abu vulkanik di wilayah Bali karena tertutup awan.

Namun, Agit Setioko mengatakan, jika adanya sebaran abu vulkanik dari erupsi Gunung Raung di Jawa Timur yang sampai ke Jembrana, bisa saja terjadi. Tergantung situasi arah angin.  Namun abu vulkanik yang sampai ke Jembrana, kemungkinannya sangat tipis dan tidak menggumpal seperti beberapa wilayah terdampak di Jawa Timur. “Kalaupun sampai, kemungkinan abunya tipis,” ucap Agit.

Sebagaimana diketahui, Gunung Raung di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, kembali aktif memuntahkan abu vulkanik sejak beberapa hari terakhir. Muntahan debu vulkanik ini sangat dirasakan oleh masyarakat terutama di wilayah Banyuwangi. *ode

Komentar