nusabali

Bangli Masih Perlu 13 Jembatan Penghubung

  • www.nusabali.com-bangli-masih-perlu-13-jembatan-penghubung

BANGLI, NusaBali
Kabupaten Bangli perlu tambah 13 jembatan penghubung antardesa, antarkecamatan, bahkan kabupaten.

Kabid Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman (PUPR Perkim) Wayan Lega Suprapta mengatakan Bangli memiliki topografi perbukitan, banyak lembah dan sungai. Maka untuk membuka akses transportasi perlu dibangun jembatan.

Berdasarkan hasil kajian, masih perlu dibangun 13 jembatan yang mengubungkan antardesa maupun dengan kabupaten tetangga. "Jembatan dibangun karena adanya aliran sungai yang memisahkan ruas jalan,” jelas Lega Suprapta, Kamis (4/2). Lega Suprapta mencontohkan, ruas jalan Desa Awan tembus Banjar Sabang, Desa Bunutin menuju Desa Langgahan. Desa Bayung Cerik menuju Banjar Seming, Kecamatan Payangan, Gianyar. “Karena belum ada jembatan masyarakat harus lewat jalan setapak,” ungkapnya.

Dikatakan, adanya jembatan akan memberikan dampak sosial dan ekonomi. Aktifitas perekonomian masyarakat akan lebih berkembang. Apalagi banyak objek wisata yang masih terjamah karena terbentur akses jalan menuju lokasi. "Jika dibangun jembatan pengubung antara Bayung Cerik tembus Banjar Seming, Payangan Gianyar, daerah tersebut bisa dikembangkan menjadi objek wisata,” ujar Lega Suprapta. Dijelaskan, sampai saat ini telah dibangun 24 jembatan di Bangli. Namun di tahun 2021 ini tidak ada pembangunan jembatan. *esa

Komentar