nusabali

Pandemi, Tabanan Anggarkan PKB 2021 Rp 1 Miliar

  • www.nusabali.com-pandemi-tabanan-anggarkan-pkb-2021-rp-1-miliar

TABANAN, NusaBali
Dinas Kebudayaan Tabanan kini mempersiapkan keikutsertaan Kabupaten Tabanan terkait pelaksanaan Pesta Kesenian Bali (PKB) tahun 2021 di Taman Budaya, Denpasar.

Persiapan ini meskipun pelaksanaan PKB belum pasti karena pandemi Covid-19. Dinas Kebudayaan Tabanan menganggarkan dana PKB sebesar Rp 1 miliar.

Anggaran tersebut jauh berkurang dari anggaran PKB tahun 2020, Rp 2,9 miliar. Kepala Dinas Kebudayaan Tabanan I Gusti Ngurah Supanji menjelaskan untuk persiapan PKB di tahun 2021 masih tahap pembahasan di Pemprov Bali. Rapat persiapan PKB ini dilaksanakan baru sekali. "Masih baru tahap pembahasan awal. Karena sekarang PKB di tengah pandemi, teknisnya seperti apa masih dibahas," tegasnya, Kamis (4/2).

Ngurah Supanji mengaku, Tabanan sudah punya ancang-ancang materi PKB. Namun dia masih enggan memaparkan. Yang pasti, sudah dianggarkan dana sebesar Rp 1 miliar untuk PKB 2021. "Anggaran ini dari APBD Tabanan 2021. Anggaran sebesar ini, termasuk untuk kegiatan persiapan pra PKB di Kabupaten Tabanan," imbuhnya.

Dia mengakui jumlah anggaran yang dipersiapkan untuk PKB tahun ini, lebih rendah dibandingkan anggaran PKB tahun lalu. Mengingat saat ini pandemi Covid-19 masih terjadi. “Namanya juga lagi fokus pandemi,” kata Ngurah Supanji.

Seperti berita sebelumnya, Pemkab Tabanan menyediakan anggaran PKB tahun 2020 sebesar Rp 2,9 miliar. Saat itu, Kabupaten Tabanan melibatkan 1.500 seniman untuk semua materi PKB. Hanya saja, karena Covid-19, anggaran PKB direlokasi untuk penanganan Covid-19. Sedangkan tahun 2019, anggaran PKB hanya Rp 1,6 miliar, dan tahun 2018 mencapai Rp 1,9 miliar. *des

Komentar