nusabali

Tim Monev Disperindag Denpasar Pantau Harga Bahan Pokok di 4 Pasar

  • www.nusabali.com-tim-monev-disperindag-denpasar-pantau-harga-bahan-pokok-di-4-pasar

DENPASAR, NusaBali
Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Denpasar melakukan monitoring harga bahan kebutuhan pokok di empat pasar rakyat di Kota Denpasar, Kamis (4/2).

Empat pasar yang disasar Disperindag adalah Pasar Badung, Pasar Kereneng, Pasar Phula Kerti, dan Pasar Agung.

Kepala Disperindag Kota Denpasar Ni Nyoman Sri Utari didampingi Kepala Bidang Metrologi dan Tertib Niaga Putu Gede Sukadana, mengatakan kegiatan ini dilaksanakan untuk mengetahui stabilitas harga kebutuhan pokok, pendistribusian, dan ketersediaan bahan pokok di pasar.

Sri Utari mengatakan bahwa Tim Monev Disperindag Kota Denpasar melakukan monitoring harga setiap pekan dua kali yakni Senin dan Kamis di seluruh pasar rakyat di Kota Denpasar. Dengan cara itu diharapkan tidak ada kenaikan harga kebutuhan pokok yang melonjak menjelang hari raya keagamaan.

Hasil monitoring dilaporkan bahwa harga cabai merah besar mengalami kenaikan. Sebelumnya dijual dengan harga Rp 37.000 per kilogram, sekarang menjadi Rp 40.250 per kg. Naik sebesar Rp 3.250 per kg atau sebesar 8,78 persen.

Sementara itu, komoditas cabai merah kecil sebelumnya harga jual Rp 71.250 per kg, kini dijual Rp 68.750 per kg. Harga tersebut turun sebesar Rp 2.500 per kg atau 3,51 persen. Sedangkan daging ayam broiler harga jual sebelumnya Rp 34.000 per kg, kini harganya Rp 33.500 per kg, turun Rp 500 per kg atau sebesar 1,47 persen.

Menurut Sri Utari, beberapa bahan kebutuhan pokok yang mengalami kenaikan itu dikarenakan stoknya terbatas. “Meskipun demikian kenaikan kali ini tidak begitu melonjak, dan masih bisa dijangkau masyarakat,” ucapnya. *mis

Komentar