nusabali

Menpora Terus Upayakan Kejuaraan Bergulir Kembali

  • www.nusabali.com-menpora-terus-upayakan-kejuaraan-bergulir-kembali

JAKARTA, NusaBali
Meski sejumlah negara sudah menggelar pertandingan olahraga di masa pandemi Covid-19.

Namun di Indonesia sampai saat ini pertandingan sepakbola maupun bola basket belum berlangsung. Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengatakan, pihaknya tidak hanya berdiam diri. Dia akan terus berupaya agar pertandingan bergulir.

"Apalagi setelah kami mendengar dari pihak pengelola pertandingan bola basket dan sepakbola menerapkan protokol kesehatan. Bahkan melakukan swab dan menggelar pertandingan di tempat khusus tanpa penonton, kami terus berupaya agar itu bisa digelar," ujar Zainudin Amali, saat membuka Webinar SIWO PWI Pusat “Harapan Olahraga Indonesia di Tengah Pandemi”, Rabu siang (3/2).

Salah satu upaya yang dilakukan Menpora Zainudin Amali, adalah bertemu Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo usai Rapat Kabinet di Istana Negara, Rabu (3/2). Menpora meminta waktu bicara secara khusus dengan Kapolri dalam waktu satu atau dua hari ke depan guna membahas pertandingan olahraga, apakah dapat digelar atau tidak.

Sebab, kewenangan untuk menentukan pertandingan dapat berlangsung atau tidak berada di Kepolisian. Kapolri, kata Menpora Zainudin Amali, menyambut baik mengenai pertandingan olahraga di masa pandemi asal tidak menimbulkan cluster baru penularan Covid-19.

"Setelah satu atau dua hari saya bertemu dengan Kapolri untuk koordinasi mengenai itu, saya akan mengundang teman-teman yang menggelar liga profesional. Nantinya kita juga akan membahas protokol kesehatan lagi agar lebih meyakinkan mereka sehingga kelak mendapat rekomendasi," kata Zainudin Amali.

Politisi Partai Golkar ini memastikan, cabang olahraga tidak dibiarkan kesulitan di masa pandemi. Terlebih berjalan sendiri memperjuangkan agar pertandingan dapat bergulir. "Kita bersama-sama mencari jalan keluar agar pertandingan bisa dilaksanakan," kata mantan Ketua Komisi II DPR RI periode 2014-2019 ini.

Zainudin Amali juga mengingatkan agar klub mengimbau pendukungnya tidak datang dan berkerumun di luar stadion ketika pertandingan berlangsung. Mereka dapat melihat pertandingan di televisi atau media sosial yang telah disediakan.

"Mudah-mudahan pertandingan bisa bergulir, karena hampir setahun ini tak ada sehingga tidak hanya menimbulkan kejenuhan tapi psikologis pula. Bila pertandingan liga profesional berhasil dilakukan, nanti dapat diikuti dengan yang amatir. Pemerintah akan berusaha agar itu dapat berjalan dan tidak menimbulkan cluster baru," kata Menpora Zainudin Amali. *k22

Komentar