nusabali

Bangunan Pasar Bona Diresmikan

Pasca Kebakaran 3 Tahun Lalu

  • www.nusabali.com-bangunan-pasar-bona-diresmikan

GIANYAR, NusaBali
Pasar Rakyat Desa Adat Bona, Desa Bona, Kecamatan Blahbatuh, Gianyar, diresmikan Wakil Bupati Gianyar AA Gde Mayun, Soma Pon Sinta, Senin (1/2).

Peresmian disertai Pamlaspas pasar ini setelah rampung pembangunan ulang, pasca musibah kebakaran pasar, Selasa (18/12/2018).

Peresmian dihadiri Ketua DPRD Gianyar I Wayan Tagel Winarta, didampingi beberapa anggota DPRD Gianyar dan Kadis Perindag Gianyar Luh Gede Eka Suary. Wabup Agung Mayun dan jajaran terkait, sempat mendem pedagingan di bagian-bagian bangunan pasar.

Bendesa Adat Bona I Gusti Nyoman Yasa yang juga anggota DPRD Gianyar, mengatakan pembangunan pasar ini dimulai 27 Maret 2020. Selama itu, para pedagang berjualan di tempat relokasi sementara. Pasar ini dibangun sejak Maret - November 2020 dengan dana Rp 2,4 miliar, dicairkan dua tahap dari APBD Gianyar. Bangunan pasar terdiri dari 56 tempat berdagang dalam los, 24 kios, 1 ruang pengelola, 1 ruang menyusui, 1 ruang tera, serta 4 toilet.

‘’Pedagang yang menempati los dan kios pasar ini, kami prioritaskan untuk para pedagang lama. Pasar ini memang dikelola oleh Desa Adat Bona,’’ jelas anggota Fraksi PDIP ini.

Wakil Bendesa yang juga Ketua Panitia Pamlaspasan Pasar, I Gusti Agus Susana mengatakan pembangunan pasar dibiayai Pemkab Gianyar, namun pamlaspasannya diserahkan ke Desa Bona. "Selanjutnya akan ada kerja sama antara Pemkab dan desa adat dalam tata kelola pasar rakyat ini," kata penekun sastra Hindu Bali ini.

Setelah peresmian, pasar ini akan beroperasi mulai 4 Februari. Dia berharap pasar ini bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya di Bona. *lsa

Komentar