nusabali

Kodim Jembrana Tes Urine Anggota

Penyalahgunaan Narkoba di Masa Pandemi Meningkat

  • www.nusabali.com-kodim-jembrana-tes-urine-anggota

NEGARA, NusaBali
Puluhan perwira serta prajurit Kodim 1617/Jembrana menjalani tes urine di Markas Kodim setempat, Senin (1/2).

Kegiatan tes urine yang juga diawali penyuluhan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) ini, dilaksanakan sebagai upaya mengantisipasi penyalahgunaan narkoba. Terlebih di tengah kemungkinan meningkatnya penyalahgunaan narkoba pada masa pandemi Covid-19.

Penyuluhan P4GN yang diikuti para perwira, prajurit, PNS, termasuk Ketua dan pengurus persatuan istri prajurit (Persit)  Kodim Jembrana tersebut, dibuka langsung oleh Dandim Jembrana, Letkol Inf Hasrifudin Haruna. Setelah penyuluhan, dilanjutkan tes urine yang diikuti sebanyak 70 orang perwira maupun prajurit Kodim setempat.

Selama kegiatan P4GN dan tes urine itu, tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) secara ketat. Diantaranya memakai masker, menjaga jarak, termasuk mencuci tangan sebelum menerima tempat sampel urine dan setelah menyerahkan sampel urine.

Dandim Jembrana, Letkol Inf Hasrifudin Haruna mengatakan, penyuluhan P4GN serta tes urine ini, merupakan kegiatan rutin yang digelar sewaktu-waktu di Kodim setempat. Termasuk digelar pada masa pandemi Covid-19, untuk memastikan tidak ada yang terlibat penyalahgunaan narkoba karena pengaruh situasi pandemi ini.

“Narkoba ini, bisa saja menjadi jalan bagi seseorang untuk mengobati kejenuhan dan stres di tengah pandemi Covid. Tidak pernah kemana-mana susah bersosialisasi, sehingga mereka yang tidak berpikir panjang bisa saja terjerumus. Itu makanya kita antisipasi, kita berikan penyuluhan dan kita tes anggota kita,” ujarnya.

Dandim Letkol Inf Hasrifudin Haruna menegaskan, jika ada prajurit yang terbukti mengkonsumsi ataupun terlibat peredaran gelap narkotika, psikotropika, dan zat adiktif (Napza), pasti akan dipecat secara tidak hormat. Selain dipecat, juga akan diproses secara hukum sipil berdasar aturan yang berlaku. Namun dalam tes urine selama ini, termasuk tes urine terhadap 70 orang perwira maupun prajurit di Kodim Jembrana, Senin kemarin itu, seluruhnya menunjukkan hasil negatif Napza.

“Semua aman (negatif). Kita harapkan melalui penyuluhan maupun tes urine ini, kita di TNI yang telah berkomitmen memerangi narkoba, bisa menjadi corong di masyarakat. Kita semua harus berkomitmen, jangan sampai terjerumus narkoba. Dengan alasan maupun situasi bagaimanapun, say no to drugs,” ucap Letkol Inf Hasrifudin Haruna. *ode

Komentar