nusabali

Kodim 1626/Bangli Bagi-bagi Masker di Lokasi Banyupinaruh

  • www.nusabali.com-kodim-1626bangli-bagi-bagi-masker-di-lokasi-banyupinaruh

BANGLI, NusaBali
Kodim 1626/Bangli melakukan pendisplinan protokol kesehatan (prokes) di sejumlah mata air tempat umat Hindu menggelar panglukatan Banyupinaruh, Redite Paing Sinta, Minggu (31/1).

Di antaranya di Pura Taman Pecampuhan Sala, Desa Abuan, Kecamatan Susut dan Tirta Sudamala, Banjar Sedit, Kelurahan Bebalang, Bangli. Pendisplinan prokes untuk mencegah penyebaran Covid-19 dengan bagi-bagi masker kepada pamedek.

Dandim 1626/Bangli, Letkol Inf I Gde Putu Suwardana, mengaku turun ke sejumlah tempat Banyupinaruh dengan membawa seratusan masker. Menurutnya masih ada pamedek atau pengunjung yang tidak membawa masker. “Kami siapkan masing-masing 100 masker di Tirta Sudamala dan Pura Taman Pecampuhan Sala,” ungkap Letkol Suwardana. Ada 10 warga yang tidak pakai masker saat tangkil ke Tirta Sudamala dan 11 orang di Pecampuhan Sala.

Tirta Sudamala dan Pecampuhan Sala cukup ramai didatangi warga dengan tujuan malukat di hari Banyupinaruh. “Pengelola sudah melakukan pengaturan dengan baik,” kata Letkol Suwardana. Bendesa Adat Sala, Ketut Kayana mengatakan pamedek yang datang ke Pecampuhan Sala cukup ramai namun jumlahnya tidak seperti saat kondisi normal. Pengelola berupaya mengatur pamedek agar tidak berdesakan. “Kami batasi, sebelum pamedek selesai malukat, pamedek lainnya harus menunggu di wantilan atas. Di bawah (lokasi malukat) hanya 30-40 orang,” jelas Ketut Kayana.

Selain itu, ada pecalang yang mengatur jarak para pamedek. Ketut Kayana menambahkan, pamedek yang datang tidak hanya dari wilayah Bangli, ada pula dari luar Bangli, hanya saja jumlahnya tidak banyak. *esa.

Komentar