nusabali

Pemkot Denpasar Gelar Panglukatan Banyupinaruh

  • www.nusabali.com-pemkot-denpasar-gelar-panglukatan-banyupinaruh

DENPASAR, NusaBali
Serangkaian hari suci Saraswati pada Saniscara Umanis Watugunung, Sabtu (30/1) Pemkot Denpasar menggelar panglukatan 'Marga Gemana, Siwa Agni Gemana, Astung Pungkur' di Pantai Padanggalak, Kesiman, Denpasar, Minggu (31/1).

Panglukatan tersebut dipuput Ida Pedanda Wayahan Wanasari dari Griya Wanasari Sanur, Denpasar Selatan.  Upacara ini dihadiri Pj Sekda Kota Denpasar I Made Toya didampingi Camat Denpasar Timur Wayan Herman, Kabag Kesra Setda Kota Denpasar Made Raka Purwantara serta perwakilan dari Desa Adat se-Kota Denpasar dengan tetap melaksanakan Protokol Kesehatan yang ketat.

Pj Sekda Kota Denpasar, Made Toya mengatakan persembahyangan ini merupakan rangkaian upacara Hari Suci Saraswati yang dilakukan oleh Pemkot Denpasar, yakni 'Banyu Pinaruh' dilakukan umat sebagai sarana untuk membersihkan diri baik secara sekala maupun niskala. Dengan dilaksanakannya persembahyangan dan penglukatan ini diharapkan Pandemi Covid-19 dapat segera berlalu.

Sementara Kabag Kesra Setda Kota Denpasar, Made Raka Purwantara sebagai pelaksana menambahkan acara persembahyangan dan penglukatan ini dilakukan dengan sederhana dan kehadiran umum yang terbatas. Lebih lanjut dikatakan tirta penglukatan ini nanti disebarkan ke desa adat se Kota Denpasar untuk diletakkan di Kahyangan Tiga. “Nantinya masyarakat khususnya di Kota Denpasar dapat nunas tirta penglukatan tersebut di Pura Desa, Pura Dalem atau Pura Puseh untuk digunakan di rumah masing-masing,” imbuhnya. *mis

Komentar