nusabali

411 TPS untuk Pilkel Serentak di Badung

  • www.nusabali.com-411-tps-untuk-pilkel-serentak-di-badung

MANGUPURA, NusaBali
Pemilihan Perbekel (Pilkel) serentak di Kabupaten Badung yang akan digelar 7 Februari 2021, tinggal menghitung hari.

Mengingat dalam situasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) tahap kedua, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Badung menyebut akan ada total 411 Tempat Pemunggutan Suara (TPS) agar penerapan protokol kesehatan (Prokes) bisa dilakukan.

“Akan ada total 411 TPS. Kemarin juga Bapak Sekda di depan Forkominda telah memberikan arahan mengenai tahapan pilkades dengan penerapan protokol kesehatan,” ujar Kepala Dinas PMD Badung, Komang Budi Argawa, Kamis (28/1). Terkait adanya kemungkinan terjadi kerumunan saat pencoblosan, Budi Argawa mengatakan bahwa proses pemungutan suara juga sudah diatur. Surat panggilan pemilih akan ditur jamnya. Termasuk disiapkan APD sesuai standar prokes. “Setiap TPS maksimal 500 pemilih,” ungkapnya.

Budi Argawa melanjutkan, sebelum memasuki TPS, pemilih wajib mencuci tangan, menggunakan handzanitiser, diberikan sarung tangan plastik, dan suhu tubuh diukur dengan thermo gun. “Proses pemilihan mirip saat pilkada dengan penerapan prokes yang ketat,” jelasnya.

Di sisi lain, pihaknya berharap masyarakat yang memiliki hak pilih benar-benar melaksanakan seluruh arahan dari penyelenggaran pilkel, khususnya dalam disiplin melaksanakan prokes. Seperti diketahui, ada sebanyak 34 desa di Badung yang akan tarung di Pilkel 2021. Masa kampanye akan dimulai 1-3 Februari 2021, sedangkan pencoblosan akan berlangsung tanggal 7 Februari 2021, sehari sebelum PPKM tahap kedua berakhir. *ind

Komentar