nusabali

2.000 Pohon Kayu Putih Ditanam di Bukit Payang

  • www.nusabali.com-2000-pohon-kayu-putih-ditanam-di-bukit-payang

BANGLI, NusaBali
Kodim 1626/Bangli bersama masyarakat Desa Batur, Kecamatan Kintamani, melakukan penghijauan di Bukit Payang, Desa Batur Tengah, Kecamatan Kintamani, Bangli, Jumat (29/1).

Sebanyak 2.000 pohon kayu putih ditanam dalam kegiatan penghijauan tersebut. Kegiatan ini sebagai upaya untuk menghijaukan kawasan Bukit Payang. Lokasi yang dipilih tersebut sebelumnya sempat terbakar.

Dandim 1626/Bangli Letkol Inf I Gde Putu Swardana, mengatakan kegiatan ini sebagai komitmen TNI dan masyarakat untuk menjaga lingkungan agar tetap hijau. Penanaman pohon di Bukit Payang sebagai upaya reboisasi, lantaran sebelumnya kawasan tersebut sempat terbakar.

“Hari ini (kemarin) kami menanam pohon di satu lokasi saja, yang merupakan lokasi bekas kebakaran,” ujarnya.

Pohon yang dipilih adalah kayu putih, karena pohon jenis ini kemungkinan hidupnya tinggi di tempat yang tanahnya kurang subur. Lokasi penanaman pohon tersebut tanahnya kebanyakan campuran berupa bebatuan dari erupsi Gunung Batur.

Disampaikannya, penanaman pohon penghijauan ini merupakan kewajiban bersama guna menjaga dan melestarikan lingkungan agar tetap asri.

“Penanaman pohon sangat bermanfaat di antaranya memperkokoh kontur tanah dari gerusan air hujan dan limpahan air, serta memperindah lingkungan setempat yang nantinya tampak hijau serta asri,” kata Letkol Swardana.

Ditambahkan, kegiatan ini diharapkan bisa menjadi contoh bagi masyarakat yang lain terutama di kawasan yang masih tandus untuk menggalakkan kegiatan menanam pohon agar alam tetap lestari. *esa

Komentar