nusabali

Gianyar Terbaik se Bali

Pengelolaan Dana Desa

  • www.nusabali.com-gianyar-terbaik-se-bali

GIANYAR, NusaBali
Pengelolaan dana desa di Kabupaten Gianyar dinyatakan terbaik se-Bali.

Hal ini terungkap saat penyerahan Penghargaan dari Kanwil Ditjen Pembendaharaan Provinsi Bali kepada pejabat Pemkab/Kota se Bali, Kamis (28/1) di Denpasar.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Gianyar Dewa Ngakan Ngurah Adi, usai menerima penghargaan itu, mengatakan pengelolaan dana desa di Gianyar memenuhi beberapa kriteria. Diantaranya, penyaluran tercepat, tepat waktu, dan serapan tinggi. "Penyaluran BLT Dana Desa tercepat dan tepat waktu, laporan rekonsiliasi sisa Dana Desa dari tahun 2015 S/d 2019 pertama/tercepat dalam penyelesaian," ungkapnya.

Kata Ngakan Adi, guna mengantisipasi penyelewengan pengelolaan dana desa, Dinas PMD Gianyar selalu menekankan agar setiap penyaluran dilakukan non tunai. Selain itu pengelolaan Dana Desa dengan menggunakan aplikasi Siskuedes (sistem keuangan desa) secara on line. Dengan sistem yang telah dibuat tersebut, diyakini jika terjadi penyelewengan dalam pengelolaan dana desa akan sangat kecil. Berdasarkan data, tahun 2021 Dana Desa untuk Kabupaten Gianyar Rp 65.196.455.000. Dana ini dari tahun 2020, Rp 62 miliar. ‘’Dari awal program pemerintah tidak ada pengurangan dana desa, langsung ditransfer pusat ke desa-desa," jelasnya. *nvi

Komentar